BTN Targetkan Program Sejuta Rumah dengan Harga Terjangkau

 
BTN Targetkan Program Sejuta Rumah  dengan Harga Terjangkau

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam rangka mendukung program sejuta rumah, PT Bank BTN (Persero) yang merupakan salah satu bank milik pemerintah telah menyalurkan kredit bagi 541.833 unit rumah. Untuk memuluskan langkah itu BTN juga telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 10 ribu pengembang di tanah air baik untuk rumah subsidi maupun non subsidi.

“Sisi suplai menjadi hal penting yang mendukung kesuksesan program satu juta rumah," kata Direktur Utama Bank BTN Maryono, dalam keterangan tertulisnya pada kegiatan BTN Property Award 2018, Rabu malam (15/8).

Untuk mencapai target 750 ribu unit rumah pada akhir 2018, PT Bank BTN (Persero) terus menggiatkan berbagai kegiatan strategis baik di sisi ketersediaan stok hunian dan lahan (supply) maupun permintaan.

Karena itu pihaknya memberikan apresiasi bagi para pengembang dan mitra kerja di Tanah Air yang memiliki kualitas kerja tinggi dalam menyediakan rumah berkualitas. "Kami yakini kemitraan yang baik ini akan mendukung pencapaian target Program Satu Juta Rumah pada akhir tahun nanti,” tuturnya.

Selain mendukung program sejuta rumah, Bank BTN juga mendirikan Plaza KPR dan Hotline KPR, Housing Finance Center (HFC), fasilitas KPR Mikro bagi para pekerja informal mulai dari tukang bakso hingga para tukang ojek online. “Kami berkomitmen untuk terus menjangkau semakin banyak masyarakat Indonesia agar  memiliki rumah mudah dan terjangkau,” ujar Maryono.

Beberapa pengembang nasional yang memperoleh penghargaan BTN Award antara lain PT Adhi Commuter Property, PT Sinarmasland, PT Wika Realty, PT Waskita Realty, Perum Perumnas.

Para pengembang juga diminta untuk memanfaatkan relaksasi berbagai kebijakan di sektor properti dari Bank Indonesia dan Pemerintah. Termasuk relaksasi loan to value (LTV) yang berlaku mulai 1 Agustus 2018. “Relaksasi kebijakan tersebut menjadi peluang untuk meningkatkan sektor properti di tengah angka backlog yang masih tinggi,” katanya.

Selain meningkatkan kemitraan, BTN juga meningkatkan penyaluran KPR dengan memperkuat pemasaran melalui pameran dan kemitraan, meningkatkan lini digital pengajuan kredit melalui portal btnproperti.co.id, dan portal rumahmurahbtn.co.id bagi yang ingin memiliki rumah lelang dengan harga yang lebih murah.