Gempa Kembali Guncang Lombok, Tim Trauma Healing LP Ma’arif NU Pusat Mengungsi ke Teras Hotel

 
Gempa Kembali Guncang Lombok, Tim Trauma Healing LP Ma’arif NU Pusat Mengungsi ke Teras Hotel

LADUNI.ID I Lombok - Gempa kembali mengguncang Lombok, Senin (20/8/2018), sekitar pukul 08.30. Kali ini skalanya 5,2 Richter, dan menjadi gempa bumi terbaru yang terjadi di Pulau Lombok dan sekitarnya sejak Minggu (19/8/2018).

Menurut Ketua Tim Trauma Healing LP Ma’arif NU Pusat, kiai Arifin Junaidi mengatakan, gempa  terjadi mulai Minggu siang, (19/8/2018).

“Tadi malam sekitar jam 23.00 WITA terjadi gempa lagi dengan kekuatan 7 SR tak lama disusul gempa berkekuatan 5,4 SR, semoga gempa bumi dan penderitaan saudara sudara kita di Lombok segera berakhir,” kata kiai Arjuna panggilan akrabnya yang saat gempa berada di lokasi (20/8/2018)

Akibat gempa tersebut, lanjutnya, orang berhamburan keluar bangunan lari ke sana kemari, berlarian sambil menangis, dan listrik PLN pun padam dan tim trauma healing LP Ma'arif NU Pusat yang sedianya akan membuka sekolah darurat hari ini mengungsi di teras hotel yang relatif aman.

Baca Juga: Meski Diguncang Gempa Susulan, Tim Trauma Healing LPMa’arif NU Pusat Tetap Bekerja

Selain itu,menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho  (@Sutopo_PN)  melalui cuitannya di twitter mengatakan, Inilah gempa 6,9 SR dan gempa susulannya (warna merah) yang mengguncang Lombok pada 19/8/2018 pukul 19.56 WIB hingga 20/8/2018 pukul 08.00 WIB. Sumber gempa berasal dari Sesar Naik Flores di utara Pulau Lombok dan Sumbawa.

"Kebakaran melanda permukiman di Desa Bungin Pulau Bungin Kabupaten Sumbawa NTB. Kebakaran disebabkan adanya rumah roboh saat gempa 7 SR kemudian rumah terbakar," tulisnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir melalui akun twitternya @infoBMKG, gempa tersebut terjadi pada pukul 11.10 WIB dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa disebutkan berada 32 kilometer sebelah timur laut Lombok Timur. (18/8/2018)

Gempa pada pukul 11.10 WIB merupakan gempa kedua. Gempa pertama terjadi empat menit sebelumnya dengan kekuatan 5,4 SR, 25km sebelah timur laut Lombok Timur.

(srf)