Robot QTrobot Pengganti Terapis Anak Autis

 
Robot QTrobot Pengganti Terapis Anak Autis

LADUNI.ID, Luxemburg - Perkembangan dunia teknologi semakin pesat, terlihat dari  perkembangan teknologi robot yang mulai merambah dunia kesehatan. Saat ini, sudah ada sejumlah robot yang sengaja dibuat untuk memudahkan dokter mendeteksi atau mengobati penyakit. Mulai dari robot untuk melatih komunikasi autisme hingga robot yang bisa menjadi caretaker pasien demensia.

Sebuah robot cilik bernama QTrobot dari LuxAl dapat mengambil peran sebagai terapis, orangtua, dan anak autis. Robot yang memiliki fitur wajah LCD dan lengan robotic ini akan membantu anak autis yang kurang nyaman berinteraksi dengan manusia dan membuat mereka nyaman selama masa terapi.

Proyek ini digagas oleh LuxAI, dari University of Luxemburg. Mereka akan mempresentasikan proyek tersebut pada RO-MAN 2018  akhir bulan ini.Co-founder projek ini, Aida Nazarikhorram mengatakan bahwa robot ini memiliki kemampuan untuk menciptakan segitiga interaksi antara terapis manusia, robot, dan anak.

“Anak akan langsung berinteraksi dengan pendidik atau terapis untuk bertanya tentang robot atau memberikan umpan balik tentang perilakunya,” tambahnya.

Menariknya, robot bisa dikatakan lebih baik daripada menggunakan aplikasi atau tablet sebagai alat bantu, karena robot wujudnya terlihat jelas.

Para peneliti menemukan bahwa robot dapat  menarik perhatian anak dan meningkatkan pembelajaran, terutama jika dibandingkan dengan aplikasi iPad/pendidikan standar. Dengan kata lain anak-anak bisa bermain dengan tablet dan bekerja dengan robot.

Robot terapis ini mandiri dan mudah diprogram. Ia dapat berjalan berjam-jam pada suatu waktu dan sudah tersedia kamera 3D dan Full Processor.

Para peneliti menemukan bahwa robot ini tidak menjadi fokus terapi, tetapi malah membantu terapis terhubung dengan pasien. Tentu saja hal ini adalah hasil yang sangat baik untuk sepotong teknologi yang sangat bagus (juga imut tentunya).