Biografi KH. Anas Mahfudz

 
Biografi KH. Anas Mahfudz

Daftar Isi Profil KH. Anas Mahfudz

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Mendirikan Madrasah
  5. Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)
  6. Pejuang Melawan Penjajah
  7. Karier

Kelahiran

KH. Anas Mahfuzh lahir pada tahun 1328 H atau bertepatan pada tahun 1907 M, di Lumajang. Beliau merupakan putra dari KH. Zen bin Idris, seorang pendatang yang hijrah dari daerah Pasuruan ke Lumajang.

Mula-mula ayah beliau bekerja sebagai seorang buruh tani yang bertugas menggarap dan menjaga sawah milik beberapa orang petani. Lambat laun, atas kerja keras dan ketekunannya, beliau menjadi seorang petani sukses di masanya, sampai-sampai di seantero Lumajang beliau terkenal sebagai salah seorang yang terkaya bersama salah seorang pengusaha keturunan Cina yang menguasai perdagangan kala itu.

Wafat

Pada tahun 1989, KH. Anas Mahfuzh kembali keharibaan-Nya. Ratusan ribu pentakziah dari dalam dan luar kota Lumajang membanjiri Alun-alun Lumajang bagai air bah menghantar kepergiannya. Saksi mata yang pada waktu itu menyaksikan iring-iringan jenazah melihat keranda jenazahnya berjalan diatas kepala para pentakziah seakan tanpa dipikul karena saking banyaknya orang yang menyangga silih berganti sampai ke pemakaman. Beliau dikebumikan di pemakaman umum Jogoyudan Lumajang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya