Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Banjar

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.1
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Banjar

Profil

Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kujangsari, Langensari, Kota Banjar Jawa Barat Indonesia. Dimulai dari Kyai muda Marzuki Mad Salam ( Wafat 1968 Usia 93 Thun ) berasal Dari Grumbul Kelawan Desa Dung Agung Kec. Bulus Pesantren Kab. Kebumen Jawa Tengah. Dengan Keprihatinan beliau melihat kondisi umat Islam saat itu ( Zaman Penjajahan Kolonial Belanda ) dan mengingat keterbatasan materi yang di miliki, Kyai muda Marzuki Mad Salam, memohon kepada Allah SWT.

Dengan memperbanyak Do`a dan Mujahadah ( Memohon Petunjuk ) Sehingga pada suatu ketika beliau mendapat petunjuk Allah SWT. Harus keluar dari lingkungan mencari tempat yang tepat untuk nasrul`ilmiwada`wah islamiyah. Hal tersebut beliau lakukan di berbagai tempat di antaranya Gombong, Tambak, Sitinggil dll. Dengan Izin Allah SWT. Beliau Sampai di Citangkolo Tahun 1911. Suatu tempat lahan hutan  belantara yang konon angker, dan banyak binatang buas , tempat tersebut ( sebelumnya ada 3 keluarga dari Manonjaya, Rancah, Cineam Tasikmalaya secara berurutan Membuka lahan hilang tanpa sebab )  pada tanggal 10 muharram 1911 Kyai Marzuki Mad Salam mendirikan Mushola panggung ukuran 2X3 meter.

Lima tahun kemudian lahan tersebut sudah bisa menghasilkan hasil bumi yang memadai serta berjalannya kegiatan keagamaan di Mushola, pada tahun 1916 beliau memboyong keluarganya dari Grumbul Kelawan Desa Dung Agung Kec. Bulus Pesantren Kab. Kebumen Jawa Tengah di bawa ke Citangkolo dengan membawa bayi laki – laki ( umur 100 hari ) di beri nama Badrun ( putra ke 6 Cluwung ) seiring dengan itu Mushola Panggung diubah menjadi Mushola lemprakan ( lesehan ) ukuran 5×9 meter.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.