Peduli Pendidikan, ISNU Sidoarjo Dampingi Madrasah Al-Jihad

 
Peduli Pendidikan, ISNU Sidoarjo Dampingi Madrasah Al-Jihad

LADUNI.ID, Sidoarjo – Melalui tema “ISNU Peduli Pendidikan”, Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sidoarjo melakukan pendampingan terhadap Madrasah Ibtidaiyah Al-Jihad di Desa Gilang Kecamatan Taman Sidoarjo. Pendampingan ini merupakan tahap kedua, sementara tahap pertamanya dilakukan sebulan yang lalu.

Dalam pendampingan ini, dilakukan oleh Tim PC ISNU Sidoarjo dan tetap digawangi oleh Ketua ISNU Sholahuddin. Mereka membedah rancangan kerja madrasah (RKM) dan dokumen kurikulum. Masalah RKM ini diawali dengan analisis SWOT pada masing-masing standar. Hasil analisis ini digunakan sebagai dasar evaluasi diri madrasah (EDM) atau Penilaian Mutu Pendidikan (PMP). 

Terdapat hasil analisis yang ditemukan. Pertama, dari sisi standar kompetensi lulusan, sudah diarahkan pada life skill dan pengembangan diri peserta didik. Seperti tahfidz, Pramuka, pencak silat, drumb band. Hanya, kegiatan-kegiatan itu perlu dioptimalkan dengan administrasi yang tertib  dan target yang jelas. 

Kedua, dari sisi standar isi (SI), tidak ada masalah karena sudah mengarah pada KMA 165. Ketiga, dari standar proses dan penilaian perlu pemantapan pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menyesuaikan pada buku guru.

"Setelah diberikan treatment, diharapkan ke depan makin baik dari segi administrasi pendidikan dan pembelajaran, termasuk pada RKM dan Dokumen KTSP," terang Sholehuddin, pada Sabtu (1/9) kemarin.

Menurut Kepala MI Al Jihad, Ainul Yakin apa yang sudah ditetapkan pada tahap kesatu, seperti sambut siswa, doa awal dan akhir pembelajaran secara terpusat sudah dilakukan. "Kami sudah melakukan tahap satu sesuai dengan ketetapan yang ada," pungkasnya. (Sumber: NU Online)