Kegunaan dan Bentuk Kemeunyan#2

 
Kegunaan dan Bentuk Kemeunyan#2

LADUNI.ID I KAJIAN ISLAM- Negara kita Indonesia yang terkenalberaneka ragam budaya, adat istiadat maupunlainnya termasukbudaya pembakaran kemanyan. Kemenyan sangat beragam jenis dan kegunaannya. Di negeri timur tengah seperti Mesir kuno kegunaan kemenyan untuk proses pembuatan Mummi. Sedangkan di negeri Yahudi Israel keumenyan dibakar dalam tempat kusus untuk melahirkan aroma yang wangi ketika memanjatkan beragam doa.

Di negeri Damaskus ada sebuah tradisi pembakaran kemenyan dalam wadah yang cantik bertujuan untuk mendatangkan suasana wangi ruangan rumah dan istana. Di Negara India dan Asia Timur dan sekitarnya pembakaran keumeunyan untuk di persembahkan dikuil-kuil dalam misi peribadatan. Beranjak dari uraian diatas kemenyan itu bukanlah sesuatu yang identik dengan mistik agama dan perdukunan. Dalam bahasa arab kemenyan itu dikenal dengan nama bukhur.

Menurut yang dilansir wikipedia,com , sering juga disebut Olibanum  adalah aroma wewangian berbentuk kristal yang digunakan dalam dupa dan parfum. Kristal ini diolah dan diperoleh dari pohon jenis Boswellia dalam keluarga tumbuh-tumbuhan BurseraceaeBoswellia sacra (Sinonim B. carteriB. thuriferaB. bhaw-dajiana), B. frereana dan B. serrata (kemenyan India).

Kemenyan ini juga termasuk dalam ordo Ebenalesfamilia Styracaceae dan genus Styrax. Selain itu terdapat 7 (tujuh) jenis kemenyan yang menghasilkan getah tetapi hanya 4 jenis yang secara umum lebih dikenal dan bernilai ekonomis yaitu Kemenyan Sumatra (Styrax benzoin), kemenyan bulu (Styrax paralleloneurus), Kemenyan Toba (Styrax sumatrana J.J.Sm)

Kemenyan itu mempunyai banyak bentuknya, ada seperti serbuk, stik. Namun bentuk stik lebih mudah dan praktis sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Kemenyan bukan hanya berfungsi sebagai pewangi juga dalam ilmu kedokteran kemenyan itu mempunyai banyak faidahnya, seperti penelitian yang dilakukan oleh salah universitas terkenal di Timur Tengah yakni Universitas King Abdul Aziz Madinah.

Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa kemenyan dapat menurutkan kolestrol jahat dan mencegah penyebaran kanker. Penelitian lain juga disebutkan bahwa kemenyan dengan kombinasi tumbuhan lain dapat meningkatkan kesehatan jantung sebagaiman dijelaskan oleh Nadia Saleh dalam penelitiannya.

Namun pada masa Ibnu Sina dulu kemenyan itu berfungsi sebagai obat demam, tumor, bisul dan disentri. sedangkan dalam dunia pengobatan klasik Cina kemenyan difungsikan sebagai media untuk mengobati problema pencernaan dan kulit. Bahkan penderita arthritis di India kemenyan dijadikan sebagai solusinya di dukung oleh penelitian di laboratorium Amerika Serikat. (healthdetik.com, 2010).

Sungguh kemenyan itu sesutau yang sangat berfaidah dan bermacam jenisnya sebagaiman Syekh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menyebutkan bahwa kemenyan al-hindi itu ada dua jenis. Ada yang dijadikan sebagai pengobatan, jenis tersebut berbentuk kayu gaharu dikenal dengan kayu al-kust. Namun sebagaian orang menyebut dengan huruf “qaf”bernama al-Qust. Sedangkan jenis satu lagi sebagai parfum (wewangian) dikenal dengan nama Uluwwah. (Syekh Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, kitab Zadul Ma’ad: IV: 315)