Merealisaiskan Dakwah Masyarakat Madani

 
Merealisaiskan Dakwah Masyarakat Madani

LADUNI.ID I KOLOM- Menerapkan metodologi dakwah merupakan salah satu hal penting yang dapat memberi pengaruh pada masyarakat untuk menjauhi tindakan ekstrim bahkan brutal sekalipun. Kendati demikian, jika dakwah disajikan dengan pemahaman-pemahaman kaku dapat dipastikan akan muncul masyarakat yang gemar pada kekerasan.

Sebaliknya, jika penyampaian dakwah penuh hikmah, berdialog dengan penuh argument yang meyakinkan dan penuh pengajaran dengan ara yang sangat bijak (ahsan) dapat dipastikan masyarakat akan menerima dengan penuh sikap rasional, dan tidak gegabah dalam tindakannya.

Sementara itu untuk membentuk masyarakat madani, dakwah Islam haruslah dilakukan secara menjurus pada permasalahan-permasalahan yang marak di masyarakat,misalnya memperhatikan kualitas materi dakwah yang disampaikan, teungku yang menyampaikan (penceramah), sampai pada metodenya.

Materi dakwah harus meliputi semua aspek yang dapat mengembangkan pola pikir manusia, pengetahuan agama, dan pelatihan, beserta praktik sesuai dengan syariat Islam. Pengetahuan agama yang diberikan harus sesuai dan seluas yang dibicarakan dalam Al-Qur’an.

Dakwah tidak hanya dapat menyelesaikan persoalan-persoalan agama. Namun, juga dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial masyarakat. Dalam hal ini menuntut partisipasi semua ahli atau pakar dalam proses peningkatan harkat, martabat, dan nilai sosial.Dalam artian bahwa ulama sesuai kapasitasnya, mendakwahkan ilmu agama agar semua umat mengerti dan memahami agama secara konpherensif, mulai dari kewajibannya sampai filosofi dalam Islam.

Sementara tenaga skill dalam bidang tertentu bekerja melatih mereka agar memiliki skill di segala bidang. Dipihak lain, orang kaya atau penderma harus membantu dalam hal dana untuk beasiswa bagi anak yang kurang mampu dan mempunyai pengetahuan lebih.

Sebagaimana pendalaman selama ini di dalam masyarakat tertentu, ketiga komponen ini, yaitu ulama, tenaga skill, dan orang yang dermawan harus sekaligus berdakwah secara bersama-sama. Dalam arti kata, persatuan mereka akan membawa dampak yang sempurna