Rektor IAIN Jember Berpesan Jangan Berhenti Belajar Meski Sudah Lulus 

 
Rektor IAIN Jember Berpesan Jangan Berhenti Belajar Meski Sudah Lulus 

LADUNI.ID,JEMBER - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Jawa Timur mewisuda 348 mahasiswa yang di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) IAIN Jember, Kamis (6/9). Rektor IAIN Jember Babun Suharto menyampaikan dalam pidatonya bahwa jalur pendidikan dapat menentukan langkah dan masa depan seseorang. Karena itu, Rektor Babub berpesan kepada para wisudawan agar tidak berhenti belajar dan terus meningkatkan pengetahuan.

“Saya sangat meyakini bahwa jalur pendidikan mampu untuk membawa seseorang memetakan langkah strategis masa depannya. Kampus IAIN Jember telah menjadi tangga awal sebagai lembaga pendidikan yang siap mengantarkan para wisudawan untuk meraih cita-cita yang diinginkan”, kata Babun Suharto sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag

Lebih lanjut Babun mengatakan,  wisuda merupakan momentum yang sangat membahagiakan. Prosesi wisuda merupakan momen yang sangat ditunggu oleh mahasiswa. Menurutnya, empat atau lima tahun yang lalu saat mahasiswa pertama kali menginjakkan kaki di kampus IAIN Jember, barangkali langkah dan cita-citanya belum terpetakan dengan baik.

Namun menurut Babun saat ini, semua itu terjawab dan terpetakan cukup baik setelah menempuh jalur pendidikan di IAIN Jember. Hal ini menunjukkan,  dunia pendidikan menjadi salah satu penentu arah bagaimana seseorang menggantungkan cita-cita kehidupan. 

“Hari ini, kita rasakan bersama. Para wisudawan dapat tersenyum bahagia karena Anda semua menjadi generasi emas milenial yang siap berkontribusi untuk bangsa dan negara dengan mengamalkan ilmu yang telah diraih dari IAIN Jember, " sambungnya.  

Sementara itu Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Jember Nur Solikin melaporkan, 348 wisudawan IAIN Jember terdiri dari 348 orang Sarjana (S1) dan 16 orang Magister (S2). Untuk S1, terdiri dari 214 sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 29 sarjana Fakultas Syariah, 20 sarjana Fakultas Dakwah, 21 sarjana Fakultas Ushuludin, Adab dan Hamaniora, 38 sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sedangkan program Magister Pascasarjana berjumlah 16 orang.

“Lulusan terbaik IAIN Jember adalah Feny Dyah Aprillia dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.99. Untuk program Magister, wisudawan terbaik Riayatul Husnan dengan IPK 3.94 dari Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,” kata Nur Solikin.

Nur Solikin menambahkan, saat ini mahasiswa IAIN Jember berjumlah 11.861 mahasiswa dengan rincian 11.004 mahasiswa S1, 769 mahasiswa S2 dan 88 mahasiswa program S3. Dikatan Nur Solikin, lulusan IAIN Jember telah berkiprah dengan pelbagai profesi. “Alumni IAIN Jember telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat dengan pelbagai profesi. Ada yang menjadi hakim, Dosen, anggota DPR, pengusaha, dan lain-lain. Dengan kata lain, kampus IAIN Jember telah berkontribusi mencetak lulusan yang siap mengabdi di tengah-tengah masyarakat”, kata Nur Solikin.