Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence Bantah Rencana Gulingkan Trump dari Kekuasaan

 
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence Bantah Rencana Gulingkan Trump dari Kekuasaan

LADUNI.ID, Washitong - Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence membantah, artikel surat kabar anonim tentang pemerintahan Trump yang muncul di The New York Times adalah ‘usaha terang-terangan untuk mengalihkan perhatian dari lonjakan ekonomi’. Pence juga menegaskan, tidak pernah ada diskusi di antara pejabat Gedung Putih untuk melakukan pemakzulan Donald Trump dari kedudukannya.

"Sebuah esai surat kabar bombshell yang merinci upaya untuk meminggirkan Donald Trump dari pemerintah adalah hanya upaya yang jelas untuk mengalihkan perhatian dari ekonomi yang sedang booming ini dan rekor kesuksesan (presiden)," kata Pence seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (9/9/2018).

Berbicara kepada CBS Face the Nation dalam sebuah wawancara yang disiarkan secara penuh pada hari Minggu, Pence juga membantah bahwa pejabat Gedung Putih telah membahas untuk meminta amandemen ke-25 dan menyingkirkan Trump dari kekuasaan.

Artikel ini diterbitkan oleh New York Times pada hari Rabu, dengan judul "Saya Bagian dari Perlawanan di dalam Pemerintahan Trump" dan dikaitkan dengan misteri seorang "pejabat senior".

Meskipun penulis artikel New York Times mengatakan ada diskusi tentang menyingkirkan Trump yang disebut sebagai sosok amoral, tidak sabar, bermusuhan, kecil dan tidak efektif dari kekuasaan, ia juga menarik perhatian atas prestasi pemerintahannya termasuk deregulasi yang efektif, reformasi pajak yang bersejarah, militer yang lebih kuat dan lebih banyak lagi.

"Orang dewasa di ruangan telah mencapai ini saat bekerja di sekitar keputusan presiden yang setengah matang, kurang informasi dan kadang-kadang sembrono", kata penulis artikel tersebut.

Di tengah derasnya kritik dan penyangkalan resmi dan Washington dan dengan kecurigaan jatuh pada Pence sendiri, mengingat penggunaan "lodestar" kata yang umum dalam pernyataan publiknya, wakil presiden mengatakan kepada CBS bahwa dia tidak tahu siapa yang menulis artikel tersebut.

"Tapi apa yang bisa saya katakan," katanya.

"Itu memalukan. Saya pikir penulis dan terus terang New York Times seharusnya merasa malu,” imbuhnya.

Amandemen ke-25 memberikan kekuatan untuk melengserkan seorang presiden atas dasar ketidakmampuannya. Tugas-tugas itu harus dijalankan oleh wakil presiden dan anggota kabinet. Ditanya apakah proses telah didiskusikan, Pence berkata: “Tidak. Tak pernah. Dan mengapa kita melakukannya?”

Itu terjadi sehari setelah wartawan veteran Washington Post, Bob Woodward melaporkan dalam sebuah buku barunya bahwa pembantu Trump secara teratur tidak mematuhi perintah atau mengeluarkan dokumen dari meja presiden.

Dalam bukunya, Fear, Woodward mengutip Ketua Komite Nasional Republik Reince Priebus mengatakan pada Oktober 2016 Pence siap untuk "naik pangkat", dengan mantan Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice sebagai Wakilnya, ketika Trump menghadapi skandal rekaman Access Hollywood.
Iklan Dalam wawancara CBS-nya, Pence tidak memikirkan hal-hal yang menggiurkan seperti itu. Sebaliknya, ia memutar jawaban untuk menyerang pendahulu Trump. Sejak Jumat, Barack Obama telah menyampaikan dua pidato politik secara eksplisit, mengkritik presiden dan bertujuan menyiapkan Demokrat untuk pemilihan paruh waktu.

"Kebenaran dari masalah itu adalah sudah lebih dari delapan tahun terakhir, terlepas dari apa yang kami dengar dari Presiden Obama pada hari Jumat, maksud saya negara ini sedang berjuang," ujarnya.

Pence juga berbicara kepada Fox News Sunday. Dia mengatakan kepada acara itu sangat mengecewakan melihat Obama melanggar tradisi mantan presiden dan menjadi sangat politis dan menggulirkan argumen lelah yang sama seperti yang dia dan kaum liberal lakukan selama delapan tahun terakhir".

Hal tersebut untuk menghindari penipuan dan membangun antusiasme pelanggan dengan memberikan koin digital melalui “airdrops”, atau meluncurkan token yang dilengkapi aset yang nyata.