Pesantren al-Ishlah Gresik

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren al-Ishlah Gresik

Profil
Bermula dari keinginan beberapa orang / santri untuk menimba ilmu keagamaan, berguru dan mengaji kitab kuning (at-Turaath al-Islamy) kepada KH. Ahmad Maimun Adnan secara sorogan dengan sistem halaqah secara sederhana. Pengajian halaqah ini kemudian terus berkembang dari tahun ke tahun, begitu juga dengan jumlah santri yang mengaji. Semakin banyak santri yang menetap atau mondok dan mengaji di tempat KH. Ahmad Maimun Adnan, semakin tidak memadai tempat tinggal atau asrama pondokan untuk para santri.

Dengan semangat menuntut ilmu keagamaan dalam rangka Tafaqquh fi ad-Diin dan semangat berkorban dan berjuang Li i’laa Kalimatillah meninggikan kalimah Allah (swt), maka atas inisiatif para santri, mereka mendirikan gubuk gubuk sederhana atau pondokan sederhana di sekitar rumah KH. Ahmad Maimun Adnan supaya dapat menetap dan mondok serta menimba ilmu keagamaan dari sang Kyai.

Melihat perkembangan pengajian halaqah yang sedemikan rupa, para santri berinisiatif untuk mengadakan musyawarah diantara mereka, yang intinya bahwa mereka memerlukan wadah atau Pondok Pesantren yang dapat digunakan sebagai tempat pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam rangka Tafaqquh fi ad-Diin dan sebagai tempat berjuang Li i’laa i Kalimatillah meninggikan kalimah Allah (swt). Keinginan para santri tersebut bahwa mereka memerlukan wadah Pondok Pesantren sudah bulat dan bahwa pendirian Pondok Pesantren sudah merupakan suatu kebutuhan.

Dengan niatan tulus ikhlas dan mencari ridha Allah (swt), para santri itu kemudian sowan dan matur kepada KH. Ahmad Maimun Adnan bahwa mendirikan Pondok Pesantren sebagai tempat pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam rangka Tafaqquh fi ad-Diin dan sebagai tempat berjuang Li i’laa i Kalimatillahmeninggikan kalimah Allah (swt) sudah merupakan suatu kebutuhan guna meningkatkan mutu dan kebaikan dalam menuntut ilmu pengetahuan.

Setelah mendengar penjelasan para santri bahwa mendirikan Pondok Pesantren sudah merupakan suatu kebutuhan guna mencapai yang lebih baik, maka pada akhirnya KH. Ahmad Maimun Adnan menyetujui untuk mendirikan Pondok Pesantren sebagaimana keinginan para santri tersebut. Sebagai catatan bahwa pada waktu itu, KH. Ahmad Maimun Adnan adalah ketua Yayasan Pondok Pesantren “Qomaruddin” Bungah Gresik. Pada tahun 1962, beliau bersama teman-teman beliau mendirikan Madrasah Tsanawiyyah Assa’adah Bungah, kemudian menyusul mendirikan Madarasah Aliyah Assa’adah Bungah.

Beliau juga yang mempunyai inisiatif dan gagasan serta menjadi pioneer yang mempelopori pendirian Perguruan Tinggi (STAI) Qomaruddin Bungah. Sebagai orang yang masih mempunyai hubungan keluarga dengan mbah Kyai Qomaruddin, beliau selalu mengajarkan untuk memberikan sesuatu yang baik kepada masyarakat, memberikan kontribusi yang manfaat kepada masyarakat dan berjasa, tetapi jangan minta jasa dan mengharapkan penghargaan. Sebab setiap yang berjasa, pasti akan mendapatkan jasa dan penghargaan dengan sendirinya.

Itulah sebagian dari kontribusi dan jasa yang pernah diberikan oleh KH. Ahmad Maimun Adnan di dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Sebagai ketua Yayasan Pondok Pesantren “Qomaruddin” Bungah dan karena memang di Bungah sudah berdiri Pondok Pesantren “Qomaruddin”, Beliaupun bersilaturrahim dan sowan kepada KH. M. Sholih (mbah Sholih) yang pada waktu itu sebagai pemangku Pondok Pesantren “Qomaruddin” Bungah untuk mengutarakan niatan dan keinginan para santri yang mengaji di tempat beliau dalam mendirikan Pondok Pesantren. KH. M. Sholih (mbah Sholih) setelah mendengar penjelasan dari KH. Ahmad maimun Adnan, beliau menyetujui pendirian Pondok Pesantren oleh KH. Ahmad Maimun Adnan guna saling melengkapi dan dapat melakukan synergi di dunia pendidikan dan pengajaran di desa Bungah.

Akhirnya pada tahun 1982, secara resmi Pondok Pesantren al-Ishlah berdiri di desa Bungah, kecamatan Bungah, kabupaten Gresik Jawa Timur. Pondok Pesantren al-Ishlah adalah merupakan kerabat dan keluarga dari Pondok Pesantren “Qomaruddin” Bungah, meski masing masing mempunyai karakter dan kepribadian sendiri sendiri.  

Pendidikan
Pendidikan Formal:
1. SMP Al-Ishlah 
2. MA Al-Ishlah

Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
-IPNU/IPPNU
-OSIS
-Pramuka
-PMR

Alamat
Desa Bungah, kecamatan Bungah, kabupaten Gresik Jawa Timur

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.