Unik, Peneliti Ini Kembangkan Teknologi Mengirim Pesan Lewat Kulit

 
Unik, Peneliti Ini Kembangkan Teknologi Mengirim Pesan Lewat Kulit

LADUNI.ID, Jakarta - Beberapa peneliti dari Universitas Purdue, West Lafayette, Indiana, Amerika Serikat, telah mengembangkan metode pengiriman pesan dalam bahasa Inggris dengan menggunakan getaran pada kulit seseorang.

Adalah Hong Z. Tan, seorang professor Purdue bidang teknik elektro dan komputer menerangkan bahwa dirinya saat ini tengah mengembangkan teknologi haptic setelah setelah mendapat tantangan di Facebook.

“Mereka ingin tahu apakah mungkin untuk mengirimkan pesan dan pidato melalui kulit. Kami pikir itu mungkin, dan kami bisa mencobanya,” kata Tan, seperti dilansir laman Teknologi pada Jumat (7/9) kemarin.

Bersama kelompok penelitiannya, Tan menemukan suatu perangkat yang memainkan getaran spesifik yang diberikan kepada fonem bahasa Inggris yang diberikan, atau unit bunyi terkecil di lengan bawah pengguna.

Misalnya suara di bagian depan mulut, seperti “p” atau “b,” menghasilkan getaran di pergelangan tangan sementara suara di belakang, seperti “g” atau “k,” menghasilkan getaran di dekat siku.

Melalui proses ini, Tan juga mengkodekan perangkat untuk menghasilkan sensasi yang berbeda untuk setiap ciri bicara konsonan atau vokal, suara yang disuarakan atau tidak bersuara, dan vokal panjang atau pendek.

Selain itu, getaran stasioner mewakili suara konsonan sementara sensasi bergerak mewakili vokal. Konsonan berucap seperti “b,” menghasilkan getaran yang lebih berat daripada konsonan yang tidak disuarakan, seperti “p.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN