Pesantren Luhur Al Husna Surabaya

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Luhur Al Husna Surabaya

Profil

Pesantren Luhur Al-Husna Surabaya (Al-Husna) atau lebih dikenal dengan Pesantren Al-Husna adalah salah satu pesantren mahasiswa yang terletak di Kota Surabaya Jawa Timur. Pesantren ini terkenal dengan penerapan disiplin, penguasaan ilmu nahwu, kaderisasi dan jaringan alumni yang sangat kuat.

Pesantren Luhur Al-Husna didirikan pada 2003 di Surabaya, Jawa Timur oleh Prof. Dr. KH Ali Maschan Moesa. Abah Ali Maschan Moesa mendirikan pesantren berdasarkan panggilan hati Beliau pada mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan pesantren ketika menjalankan pendidikan tinggi di Surabaya.

Mahasiswa sebagai agent of change, keberadaannya akan selalu diharapkan masyarakat. Sebagaimana santri desa yang menjalankan pendidikan tinggi di wilayah perkotaan akan selalu memperhatikan pendidikan pesantrennya seperti beberapa santri yang kuliah di kota Surabaya. Berdasar fenomena ini, beberapa mahasiswa memohon kepada Prof. Dr. KH. Ali Maschan Moesa untuk menerapkan model pendidikan baru dan berdirilah Pesantren Luhur Al-Husna yang memberikan penekanan pada pengajaran diniyah berkurikulum perguruan tinggi.

Pesantren Luhur Al-Husna hadir mempertahankan tradisi pesantren salaf dan melakukan penggabungan metode pengajaran pesantren yang bersistem sorogan dengan pengajaran perguruan tinggi yakni kajian

       Pengasuh

  1. Prof. Dr. KH Ali Maschan Moesa

Pendidikan

Dalam sistem pendidikan di pesantrennya, KH Ali Maschan Moesa lebih mengandalkan sistem sorogan dan diskusi. Sistem ini menjadikan santri-santrinya menyimak dengan saksama. Karena sorogan yang dipakai oleh Pesantren Luhur Al-Husna adalah “sorogan tak langsung”. Artinya para santri mengulangi membaca kitab yang telah dibaca oleh Ustadz beberapa hari sebelumnya.

Jadi para santri secara otomatis akan mendengarkan dengan saksama ketika sang Ustadz sedang membacakan, karena mereka harus mengulanginya secara terjadwal. Pesantren Luhur Al-Husna sangat mengutamakan penguasaan ilmu alat, nahwu dan shorof. Meski tentu saja kitab2 tafsir juga menjadi kajian utama para santrinya.

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Seni Hadroh
  8. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  9. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  10. Jurnalistik

 


 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula

Alamat

Jl. Jemur Wonosari Gg. Masjid No.42, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur

Telpon: 031-8473005

Kode Pos : 60237

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.