Mengejutkan, Jack Ma akan Mundur sebagai CEO Alibaba

 
Mengejutkan, Jack Ma akan Mundur sebagai CEO Alibaba

Salah satu orang terkaya China, Jack Ma, akan mengundurkan diri sebagai ketua eksekutif kerajaan e-commerce Alibaba pada hari Senin, 10/09/2018, New York Times melaporkan. Dia akan tetap di dewan direksi Alibaba tetapi fokus pada filantropi dalam pendidikan, kata surat kabar itu.

Jack Ma mendirikan Alibaba pada tahun 1999 dan telah melihatnya menjadi salah satu perusahaan internet terbesar di dunia dengan nilai pasar lebih dari $ 400 miliar (£ 309 miliar), termasuk penjualan online, produksi film dan komputasi awan.

Dalam sebuah wawancara dengan Times, mantan guru bahasa Inggris Jack Ma mengatakan, pensiun tidak akan menjadi akhir dari sebuah era tetapi "awal dari sebuah era", menambahkan: "Saya suka pendidikan".

Jack Ma, yang akan berusia 54 pada hari Senin, memiliki kekayaan pribadi bersih sebesar $ 40 miliar, menjadikannya orang ketiga terkaya di China, menurut daftar kaya 2017 Forbes China.

Awal pekan ini, Jack Ma mengatakan kepada Bloomberg TV bahwa ia ingin menciptakan landasan pribadi, mengikuti jejak Microsoft Bill Gates. "Ada banyak hal yang bisa saya pelajari dari Bill Gates," katanya.

"Saya tidak pernah bisa menjadi kaya, tetapi satu hal yang dapat saya lakukan lebih baik, yaitu pensiun lebih awal. Saya pikir suatu hari nanti, dan segera, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang saya pikir saya bisa melakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO dari Alibaba. "

Jack Ma memulai kehidupan profesionalnya dengan mengajar bahasa Inggris di sebuah universitas di kota Hangzhou, Cina, di provinsi Zhejiang timur. Dia memulai Alibaba dari flatnya di Hangzhou bersama sekelompok teman.