Ini Testimoni Beberapa Tokoh Terhadap Daniel Zhang, Pengganti Jack Ma

 
Ini Testimoni Beberapa Tokoh Terhadap Daniel Zhang, Pengganti Jack Ma

LADUNI.ID,HONG KONG, - Jack Ma, pendiri e-commerce terbesar di dunia, Alibaba Group Holding Limited pada 10 September 2019 lalu. Jack Ma akan terus menjabat sebagai Executive Chairman perusahaan selama 12 bulan ke depan untuk memastikan transisi kepemimpinan kepada Daniel Zhang berjalan dengan sempurna. 

Jack menjelaskan alasannya memilih Daniel Zhang sebagai penggantinya. Menurutnya Daniel telah bersama Alibaba Group selama 11 tahun. Sejak ia mengambil alih posisi CEO, ia telah menunjukkan talenta luar biasa, kemampuan bisnis, dan kepemimpinan yang teguh. Di bawah kepemimpinannya, Alibaba telah menghasilkan pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 triwulan berturut-turut. 

Selain itu lanjut Jack Ma, Daniel memiliki pemikiran analisis yang sulit ditandingi dan sangat memegang teguh misi dan visi perusahaan dan terus berinovasi serta menguji model-model bisnis yang kreatif. Atas kerja kerasnya, dikatakan Jack, Daniel pantas disebut sebagai CEO No 1 tahun 2018 oleh media bisnis di Cina.

Jack Ma yakin keputusan untuk mengoper tongkat kepemimpinan Alibaba kepada Daniel dan timnya merupakan keputusan yang tepat di waktu yang tepat. Setelah bekerja sama dengan mereka saya yakin bahwa mereka sudah siap dan saya memiliki kepercayaan penuh kepada generasi kepemimpinan kami selanjutnya. 

Sementara itu menurut John Choi, kepala riset internet China di bank investasi Daiwa Capital Markets, Daniel Zhang telah berperan dalam membawa Alibaba ke skala saat ini. Sebelum menjabat menjadi CEO Alibaba pada 2015, Zhang menghabiskan sebagian besar kariernya di anak perusahaan belanja online di Alibaba yang bernama Bonanza. 

Alibaba menggambarkan Daniel Zhang sebagai "arsitek kunci" dari Singles Day, sebuah helatan besar dalam upaya meningkatkan penjualan yang kemudian menjelma menjadi hari belanja terbesar di dunia. Kegilaan belanja online yang berlangsung pada 11 November menghasilkan penjualan yang lebih besar dari kombinasi Black Friday dan Cyber Monday. 

Tahun lalu, pergelaran itu mencatatkan penjualan hingga 25 miliar dollar AS. Zhang mulai bekerja di Alibaba pada tahun 2007 sebagai kepala keuangan perusahaan Taobao Marketplace, yang kemudian dia kembangkan menjadi salah satu bisnis utama grup. 

Sebelum bergabung dengan Alibaba, dirinya berasal dari Shanda Interactive Entertainment, yakni sebuah pengembang game online terkemuka China yang terdaftar di Nasdaq. Keputusannya untuk keluar dari industri game yang berkembang pesat saat itu karena terlibat obrolan selama satu jam dengan Jack Ma di kantor pusat Alibaba di kota Hangzhou di timur. 


Selain itu, menurut salah seorang penulis Alibaba: The House That Jack Ma Built, Ducan Clark, mengatakan bahwa Zhang lebih kalem dan sederhana. Dia sopan santun, dia lebih seperti Clark Kent, sedangkan Jack adalah Superman.