Karena Kesehatan Penting, Harusnya Setiap Pesantren Miliki Poskestren

 
Karena Kesehatan Penting, Harusnya Setiap Pesantren Miliki Poskestren

LADUNI.ID, Gresik - Puluhan santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Gresik, Jawa Timur mengikuti Pelatihan Santri Husada Insani (Husain). Kegiatan diadakan Pimpinan Cabang (PC) Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) NU Kabupaten Gresik.

Pengurus PC RMI NU Gresik Heri Munajib selaku narasumber mengatakan bahwa selama ini kehadiran Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) masih belum dianggap penting. Bahkan, banyak dari pesantren tidak memilikinya.

"Melalui pelatihan ini, kami ingin pesantren bisa mengembangkan dan mendirikan Poskestren," katanya, Sabtu (15/9/2018). Hal tersebut disampaikan mahasiswa program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi 1 Universitas Airlangga Surabaya tersebut di Pondok Pesantren Islamic Al-Qona'ah, GKB, Gresik.

Kehadirannya sebagai pemateri pada pelatihan kader kesehatan santri secara virtual terpadu. Kesadaran para santri mengenai kesehatan, kata dokter Heri, sangatlah penting guna mencegah penyebaran penyakit dan melakukan pengobatan di lingkungan pesantren.

"Jangan lupa. Tangan kita harus selalu dibersihkan baik sebelum maupun sesudah menangani pasien," pesannya.

Para peserta tak hanya diberikan materi mengenai kesehatan saja, tetapi juga praktek dalam menangani pasien.

"Nanti saya buatkan grup whatsapp supaya kalau ada santri yang berobat di Poskestren mudah ditangani. Apalagi pemberian obat harus sesuai resep dokter. Ke depan, kami ingin tiap pesantren punya Poskestren," kata Heri yang juga Pengurus Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Gresik.

Sementara, Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Gresik H Moh Nadhillah Badruddin mengungkapkan, bahwa kesehatan sangatlah penting. Untuk itu, dirinya mengapresiasi apa yang dilakukan RMI NU Gresik.

Dirinya mengatakan, PCNU Kabupaten Gresik sendiri memiliki 18 lembaga dan Banom di bawahnya. Sehingga jika semua dapat terintegrasi tentu akan menjadi kekuatan yang besar.

"Kalau bisa seluruh santri di pondok pesantren se-Kabupaten Gresik diberi pelatihan seperti ini," harap Nadhillah.

Kesehatan penting, karena dengan kita sehat bahwa bisa melakukan aktivitas.