Mengenal Komunikasi Massa

 
Mengenal Komunikasi Massa

LADUNI.ID, KOLOM- Media merupakan  alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak , secara leksikal , media didefenisikan sebagai alat atau sarana komunikasi seperti koran , majalah , radio , televisi , film , foster , dan spanduk. Dalam literatur komunikasi, media digolongkan atas empat macam, yakni media antar pribadi , media kelompok , media publik dan media massa.

Media massa merupakan penyederhanaan dari istilah media of mass communication . sedangkan proses komunikasi yang menggunakan media disebut komunikasi media massa ( mass media communication ).

Maksud dari komunikasi melalui media massa adalah penyebaran pesan dengan menggunakan media ( cetak atau elektronik ) yang ditujukan kepada massa. namun abstraknya yakni sejumlah orang yang tidak tampak oleh si penyampai pesan.  Media massa adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan (khalayak penerima).

Menurut Onong Uchjana Effendi, apabila dijumpai istilah mass communication (memakai huruf s) berarti identik dengan ‘media massa’ sedangkan bila tanpa menggunakan s (mass communication) berarti proses komunikasi melaui media massa.

Berkomunikasi melaui media ditujukan kepada khalayak luas, heterogen dan anonim. Komunikasi ini merupakan jenis khusus dari komunikasi sosial yang melibatkan berbagai kondisi pengoperasian, terutama sifat khalayak, sifat bentuk komunikasi dan sifat komunikatornya.

Kegiatan komunikasi yang membutuhkan media massa jauh lebih sukar dan kompleks dibandingkan dengan komunikasi antar pribadi karena kegiatan komunikasi melalui media massa memerlukan sistem dimana pesan-pesan diproduksi, dipilih, disiarkan, diterima dan ditanggapi.

Komunikasi massa menyiarkan informasi, gagasan dan sikap kepada komunikan yang beragam dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan media. Seorang komunikator yang menyampaikan pesan kepada ribuan orang yang berbeda pada saat yang sama, tidak akan bisa menyesuaikan harapannya untuk memperoleh tanggapan mereka secara sama pula.

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Aceh

 

Sumber: Marzuki, Pemanfaatan Media Massa Dalam Komunikasi Politik Islam, 2016