Melalui LAZISNU, MA Mambaul Ulum Corogo Serahkan Donasi untuk Sulteng

 
Melalui LAZISNU, MA Mambaul Ulum Corogo Serahkan Donasi untuk Sulteng

LADUNI.ID, Jombang – Donasi untuk korban gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng) dari Madrasah Aliyah (MA) Mambaul Ulum Corogo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur diserahkan melalui Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang, Sabtu (6/10).

Donasi senilai Rp. 9 juta lebih itu diserahkan di lingkungan madrasah setempat di depan para siswa-siswinya. "Donasi dari MA Mambaul Ulum Corogo Jogoroto senilai Rp9.028.300 untuk Palu dan Donggala lewat LAZISNU," kata Direktur PC LAZISNU Jombang Ahmad Zainudin.

Menurut pria yang kerap disapa Gok Din ini, selain sebagai wujud kepedulian madrasah, donasi tersebut merupakan media syiar bagi masyarakat luas. Setidaknya masyarakat yang lain juga merasa terpanggil untuk melakukan aksi-aksi kemanusiaan, baik dalam bentuk penggalangan dana maupun yang lainnya.

Selain itu, Gok Din juga mengatakan, "Sebagai bentuk partisipasi siswa untuk menumbuhkan jiwa kepedulian dan menjadi syiar bagi madrasah di masyarakat".

Pria yang juga salah satu dosen di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Tambakberas Jombang ini lebih jauh menilai, MA Mambaul Ulum Corogo menjadi acuan madarasah dan sekolah yang lainnya dalam hal mempercayakan donasi Sulteng melalui LAZISNU.

"Langkah MA Mambaul Ulum Corogo diikuti madrasah aliyah lain yang sudah koordinasi dengan LAZISNU untuk penggalangan donasi," ujarnya.

Pembina OSIS MA Mambaul Ulum Corogo Istiqomah mengatakan, penggalangan donasi tersebut dimulai sejak tanggal 2 Oktober sampai sekarang hingga berhasil menghimpun sejumlah jutaan rupiah. "Aksi sosial itu berawal dari ide sebagian siswa-siswi madarasah setempat beberapa waktu lalu", imbuh Pembina OSIS tersebut.

"Pada hari pertama Selasa 2 Oktober dengan memakai batik setelah upacara peringatan Hari Batik, anak-anak menggalang dana, tapi kemudian tercetus ide untuk menampung dana ke rumah-rumah warga di Desa Corogo dan sekitarnya dengan jalan kaki," pungkasnya.