Peringati Hari Santri, Kemenag Gelar Muktamar di Pesantren Krapyak 

 
Peringati Hari Santri, Kemenag Gelar Muktamar di Pesantren Krapyak 

LADUNI.ID,Yogyakarta - Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar Muktamar Pemikiran Santri Nusantara. Acara muktamar yang digelar di Pesantren Krapyak Yogyakarta ini sebagai rangkaian peringatan Hari Santri 2018. Pada tahun ini tema peringatan hari santri adalah “Bersama Santri Damailah Negeri”.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi mengatakan, muktamar yang berlangsung tiga hari,  10 - 12 Oktober, ini akan dibuka Menag Lukman Hakim Saifuddin. Di sela muktamar,  akan digelar juga “Malam Kebudayaan Pesantren” di Panggung Krapyak pada Rabu (10/10) malam.

"Acara ini berisi orasi kebudayaan Menteri Agama, pembacaan puisi oleh para budayawan santri seperti Gus Hilmy, Romahurmuzy, Abidah El Khaliqie, Sosiawan Leak, Helvy Tiana Rosa, Candra Malik, Inayah Wahid, Habiburrahman El-Shirazy. Penyanyi musik religi Veve Zulfikar, Komika Dzawin dan rapper santri Ikhsan & Danang juga akan unjuk gigi menampilkan aksinya di acara Malam Kebudayaan Pesantren itu," ujar Zayadi di Krapyak,  Rabu (10/10).

Lebih lanjut dia menjelaskan mulai Kamis (11/10), muktamar dilanjutkan dengan agenda presentasi Paper Pemikiran Santri Nusantara yang bertema “Islam, Kearifan Lokal, dan Tantangan Kontemporer”. Ada sekitar 170 presentator paper yang beridentitas santri. Mereka terdiri dari perwakilan pengurus santri, mahasiswa, akademisi, peneliti, dan...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni