Sumpah Pemuda #2: Pemuda Zaman Now dalam Perjuangan

 
Sumpah Pemuda #2: Pemuda Zaman Now dalam Perjuangan

LADUNI. ID, KOLOM- Kita mengetahui bahwa dalam lintasan sejarah pemuda mempunyai yang tidak sedikit dalam merebut kemerdekaan. Salah satu gerakan pemuda dibawah naungan Budi Utomo yang lahir pada 1908.

Singkat cerita, gerakan pemuda yang tidak kalah kontributif pada tahun 1928 yang dimotori oleh pelajar Indonesia di Belanda yang membentuk Kongres Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI).Kemudian pada bulan Agustus 1928 disusunlah susunan panitia kongres yang melibatkan berbagai organsisasi pemuda yang ada.Bukan yang hadir hanya dari kalngan PPPI, tetapai juga dari Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jog Celebes, dan seterusnya.

Tokoh-tokoh seperti Sugondo Djojopuspito, Muhammad Yamin, hingga J. Leimena juga muncul dalam kepanitian tersebut.Pemuda sekarang ini bukanlah pemuda di era kemerdekaan dan perjuangan dulu. Tetapi pemuda saat ini hidup diera Era globalisasi yang terus bergulir dengan berbagai macam teknologi dan inovasi baru  plus tantangan dan godaan zaman kian hari semakin menggila dan tidak menentu.

Kita sangat berharap menuntut mereka untuk terus bergerilya dengan sekuat tenaga dan selektif disegala aspek kehidupan. Ini sangat urgen untuk membendung diri dari berbagai pengaruh nilai-nilai yang negative yang sedang dan akan dilakoni di jagad raya ini.Sosok  pemuda itu telah mendapatkan mandat sebagai the leader of tomorrow  mereka harus “berjihad” dalam mengisi kemerdekaan ini.

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga.