Sumpah Pemuda #7:  Pemuda Motivator dan Fasilatot Agen Perubahan

 
Sumpah Pemuda #7:  Pemuda Motivator dan Fasilatot Agen Perubahan

LADUNI.ID, KOLOM- Sosok  pemuda Indonesia khusus pemuda muslim akan mengambil peranan dan berkontribusi sebagai pioner the change agent (agen perubahan).

Berdakwah dan mengajarkan adalah implementasinya  ilmu. Sudah sepatutnya kewajiban bagi orang yang menuntut ilmu agama termasuk pemuda untuk menyampaikan kepada umat yang lainnya.Ini diharapkan mampu memberikan saham agar dapat memberikan hidayah orang kafir masuk Islam serta memberikan hidayah orang yang berbuat kemaksiatan menuju istiqamah (dalam kebaikan beragama).

Peran aktif pemuda sebagai kekuatan moral diwujudkan dengan menumbuh kembangkan aspek etik dan moralitas dalam bertindak pada setiap dimensi kehidupan kepemudaan, memperkuat iman dan takwa serta ketahanan mental-spiritual, dan meningkatkan kesadaran hukum.

Sebagai kontrol sosial diwujudkan dengan memperkuat wawasan kebangsaan, membangkitkan kesadaran atas tanggungjawab, hak, dan kewajiban sebagai warga negara.

Salah satu pesan yang mesti di ingat bahwa maju dan mundurnya sebuah Negara kuncinya ditangan pemuda saat ini sebagaiman di ungkapkan oleh Syekh Khudhairi Beik yang menyebutkan berhasil dan maju sebuah negara, lihatlah bagaimana pemuda sangat ini.

Syekh tersebut menambahkan juga, apabila pemuda baik, maka baiklah Negara tersebut juga sebaliknya. Padahal pemuda merupakan aset paling berharga yang dimiliki suatu bangsa, termasuk Indonesia ini. Membangkitkan sikap kritis terhadap lingkungan dan penegakan hukum, meningkatkan partisipasi dalam perumusan kebijakan publik, menjamin transparansi dan akuntabilitas publik, dan memberikan kemudahan akses informasi.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga.