Doa Terkabul dan Mendapat Rahmat saat Melihat Ka'bah

 
Doa Terkabul dan Mendapat Rahmat saat Melihat Ka'bah
Sumber Gambar: flickr.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Salah satu tanda-tanda kebesaran Allah SWT adalah adanya Ka'bah yang menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia. Allah SWT menegaskan bahwa Ka'bah adalah bangunan pertama kali yang ada di dunia. Hal ini sebagaimana keterangan di dalam firman Allah berikut:

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

“Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia adalah (Baitullah) yang (berada) di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.” (QS. Ali ‘Irman: 96)

Terkait dengan diturunkannya ayat ini, adalah sebab ketika itu banyak perdebatan yang muncul dari kalangan para Ahlul Kitab. Mereka mengatakan bahwa rumah ibadah yang pertama dibangun adalah yang berada di Baitul Maqdis. Klaim tersebut tidak dibenarkan sama sekali. Dan oleh karena itu, Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad untuk membantahnya, karena yang benar adalah yang ada di Makkah.

Lalu apa sebenaranya keistimewaan Ka'bah yang disebut oleh Allah SWT sebagai bangunan pertama kali untuk manusia itu? Ditemukan banyak riwayat yang mengabarkan tentang keutamaannya. Di antaranya adalah riwayat yang menejelaskan bahwa melihat Ka'bah itu adalah salah satu sebab diturunkannya rahmat dan dikabulkannya doa. Berikut ini, di antara riwayat yang menegaskan akan hal itu:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN