Biografi KH. Abdul Aziz Manshur

 
Biografi KH. Abdul Aziz Manshur

Daftar Isi

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga 
1.3       Wafat

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren 

3          Penerus Beliau
3.1       Putra dan putri Beliau
3.2       Murid-Murid Beliau

4         Karier 
4.1      Pengasuh Pesantren 
4.2      Ketua Majelis Dewan Syuro Salah satu Partai Islam 
 

5        Teladan Beliau 

6        Referensi

 

1.   Riwayat Hidup Dan Keluarga

1.1 Lahir

KH. M. Abdul Aziz Manshur lahir pada tahun 1941 di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in, Pacul Gowang, Diwek, Jombang. Beliau merupakan putra kelima dari sepuluh bersaudara, dari pasangan KH. Manshur Anwar dengan Nyai Hj. Salamah.

Dari garis keturunan ayahnya, beliau keturunan langsung dari pendiri Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in, Pacul Gowang, Diwek, Jombang. Sementara dari jalur ibu, merupakan keturunan dari KH. Abdul Karim Lirboyo.
 

1.2 Riwayat Keluarga

Di Lirboyo sendiri, KH. M. Abdul Aziz Manshur menghabiskan masa mudanya hingga menamatkan pendidikan di usia 21 tahun. Kemudian beliau melanjutkan pengabdiannya hingga usia 30 tahun. Di Lirboyo jugalah beliau akhirnya menikah dengan istri yang sangat dicintainya, Nyai Hj. Muslihah Marzuqi yang tak lain adalah adik dari sahabat dan saudaranya KH. Idris Marzuqi yang juga putri gurunya sendiri, yakni KH. Marzuqi Dahlan.

Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai tiga anak, yakni Hj. Asromah Al-Alawiyah Aziz, KH. Muhammad Shobih Al-Muayyad Aziz (Pengasuh Pesantren Tarbiyatun Nasyiin) dan Hj. Humairo Al-Muyassaroh Aziz.
 

1.3 Wafat

KH. M. Abdul Aziz Manshur wafat pada dini hari sekitar pukul 00.10 WIB 8 Desember 2015, di Rumah Sakit Graha Amerta Dr. Soetomo, Surabaya. Beliau meninggal dunia pada usia 71, karena sakit. Jenazah beliau dimakamkan di Pemakaman Keluarga Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Pacul Gowang, Jombang.
 

2.  Sanad Ilmu Dan Pendidikan Beliau

2.1 Mengembara Menuntut Ilmu

Sejak usia dini KH. M. Abdul Aziz Manshur mulai dididik oleh kedua orang tuanya. Pada usia 4 tahun beliau dididik mengenal fasolatan, thoharoh, dan menghafal juz Amma langsung oleh Ibunya.

Memasuki usia 6 tahun, beliau mulai ikut sekolah, kemudian dilanjutkan dengan belajar Al-Qur’an. Dalam mengkaji Al-Qur’an, hanya butuh waktu 1 tahun bagi beliau untuk mengkhatamkan Al-Qur’an, dan mengadakan tasyakuran.

Memasuki usia 7 tahun, KH. Abdul Aziz Manshur mulai masuk Sekolah Rakyat (SR) yang kedudukannya setingkat dengan Sekolah Dasar (sekarang) berada di Desa Bandung. Saat kelas satu beliau diajar oleh seorang guru bernama Suroto, dengan tetap mempelajari Al-Qur’an dan Kitab Al-Barzanji, Diba’ sekaligus dengan makna oleh orang tua beliau.

Di sekolah rakyat ini, beliau berhasil menguasai baca, tulis, berhitung, sejarah, bahasa Indonesia, dan beberapa keterampilan, seperti membuat kaset, kipas, dan lain-lain.

Setengah tahun lamanya sekolah di SR, beliau pindah ke Madrasah Ibtida’iyyah Pacul Gowang yang sempat vakum beberapa tahun akibat agresi Belanda ke-2.

Kemudian melanjutkan pendidikannya dengan belajar ke Pondok Pesantren Tebuireng selama dua setengah tahun dan kemudian lanjut belajar di Pondok Pesantren Lirboyo.

Ketika di Lirboyo, beliau fokus untuk mempelajari ilmu nahwu dan sorof. Ketika bulan Ramadhan tiba, beliau tabarrukan di pondok pesantren lain. Selama menimba ilmu di Lirboyo, KH. M. Abdul Aziz Manshur termasuk santri yang berprestasi, sehingga Almaghfurlah KH. Marzuqi Dahlan (Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo) mengambil beliau sebagai menantu.

 

2.2 Guru-Guru Beliau

  1. KH. Manshur Anwar
  2. KH. Hasyim Asyari
  3. KH. Abdul Karim
  4. KH. Marzuqi Dahlan

 

2.3 Pengasuh Pesantren

Setelah melangsungkan pernikahan, tak lama kemudian KH. M. Abdul Aziz Manshur menggantikan ayahandanya yang telah kembali ke rahmatullah sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in.

KH. M. Abdul Aziz Manshur dengan penuh tanggungjawab memikul amanah dari ayahandanya, mengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in dengan sepenuh hati, percaya diri, dan rasa ikhlas.

Pondokpun semakin maju dan berkembang, meski era globalisasi telah menggeser semua “barang lama” dan menyebabkan pergeseran nilai-nilai kehidupan di tengah masyarakat, tetapi beliau tetap mempertahankan sistem kesalafan yang murni dan konsisten.

Sehingga tak heran jika sepanjang kepemimpinannya, Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Paculgowang tercatat seringkali menjadi rujukan dalam kegiatan Bahtsul Masail di Jombang, karena fokusnya pesantren ini pada kajian-kajian ilmu salaf.

 

3.  Penerus Beliau

3.1 Putra dan putri Beliau

  1. Hj Asromah Al-Alawiyah Aziz
  2. KH. Muhammad Shobih Al Muayyad Aziz (Pengasuh Ponpes Tarbiyatunnasyi'in kini, Red)
  3. Hj. Humairo Al-Muyassaroh Aziz
     

3.2 Murid-murid Beliau

Murid-murid beliau adalah para santri di Pesantren Tarbiyatunnasyi'in Jombang
 

4.   Karir

4.1 Pengasuh Pesantren

KH. M. Abdul Aziz Manshur tercatat pernah sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyi'in untuk menggantikan sang ayah KH. Manshur Anwar, semenjak tahun 1984.
 

4.2 Ketua Majelis Dewan Syuro Salah Satu Partai

KH. M. Abdul Aziz Manshur pernah menjadi Ketua Dewan Syuro salah satu partai politik sejak tahun 2008.
 

5.  Teladan Beliau

KH. M. Abdul Aziz Manshur adalah sosok ulama dari Jombang yang memiliki sifat lemah lembut, sabar, dan mengayomi masyarakat, dan santri-santrinya di Pesantren Tarbiyatun Nasyi'in, Pacul Gowang, Jombang. KH Abdul Azis Mansur adalah salah satu ikon kyai salaf Jombang yang amat berpengaruh. Pondok pesantren asuhannya menjadi salah satu andalan dalam forum bahtsul masail pondok pesantren di Jombang. Semangatnya memberikan wejangan ilmiah menjadi inspirator para santri hari ini.
 

6.  Referensi

  Lirboyo.Net

 

Artikel ini sebelumnya diedit pada tanggal 08 Desember 2022, dan kembali diedit pada tanggal 08 Desember 2023.

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya