Ustadz Ma'ruf Khozin : Madinah Kota Mulia

 
Ustadz Ma'ruf Khozin : Madinah Kota Mulia

LADUNI.ID - Madinah ini adalah tanah mulia karena di dalamnya ada manusia paling mulia. Disinilah iman kami berhimpun:

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻗﺎﻝ: «ﺇﻥ اﻹﻳﻤﺎﻥ ﻟﻴﺄﺭﺯ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﺪﻳﻨﺔ ﻛﻤﺎ ﺗﺄﺭﺯ اﻟﺤﻴﺔ ﺇﻟﻰ ﺟﺤﺮﻫﺎ»

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam: "Sesungguhnya iman akan berkumpul di Madinah, seperti ular berkumpul di dalam lubangnya" (HR Bukhari Bab Fadlail Madinah)

Iman menurut Imam al-Bukhari:

ﻭﻫﻮ ﻗﻮﻝ ﻭﻓﻌﻞ، ﻭﻳﺰﻳﺪ ﻭﻳﻨﻘﺺ

Iman adalah perkataan dan perbuatan. Iman dapat bertambah dan berkurang (Sahih Bukhari)

Selama di Madinah ini iman umat Islam sedang bertambah, ibarat sinyal sangat kuat. Namun saat telah kembali ke negeri asalnya maka imam mulai berkurang, melemah. Ibadah pun terasa berat.

Iman jenis ini adalah milik manusia pada umumnya. Dan Syekh Al-Azhar yang dikenal sebagai akhir dari pengarang Turats Mesir yakni Syekh Ibrahim Al-Bajuri, mengklasifikasi jenis iman dalam kitabnya Tuhfatul Murid Syarah Nadzam Jauharatut Tauhid, menjadi beberapa bagian:

- Iman yang selalu bertambah tidak pernah berkurang, yaitu imannya para Nabi alaihimus salam
- Iman yang stabil, tidak bertambah dan tidak berkurang, yaitu imannya para malaikat
- Iman yang selalu berkurang dan pada akhirnya akan habis, yaitu imannya orang yang gemar melakukan dosa besar tanpa taubat.

Semangatkan Iman Kita

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ - ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ - ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ -: «ﺇﻥ اﻹﻳﻤﺎﻥ ﻟﻴﺨﻠﻖ ﻓﻲ ﺟﻮﻑ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻛﻤﺎ ﻳﺨﻠﻖ اﻟﺜﻮﺏ، ﻓﺴﻠﻮا اﻟﻠﻪ - ﺗﻌﺎﻟﻰ - ﺃﻥ ﻳﺠﺪﺩ اﻹﻳﻤﺎﻥ ﻓﻲ ﻗﻠﻮﺑﻜﻢ». ﺭﻭاﻩ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﻓﻲ اﻟﻜﺒﻴﺮ، ﻭﺇﺳﻨﺎﺩﻩ ﺣﺴﻦ.

Dari Abdullah bin Amr Radhiyallahu Anhuma bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Iman itu akan kusut sebagaimana pakaian juga kusut. Maka mintalah kepada Allah agar memperbaharui iman dalam hati kalian" (HR Thabrani dalam Al-Kabir sanadnya Hasan)

اللهم جدد إيماننا وقو اسلامنا ....