27 ASN Ikut Ujian Penyesuaian Penyuluh Agama Islam

 
27 ASN Ikut Ujian Penyesuaian Penyuluh Agama Islam

LADUNI.ID |ACEH -Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama se Provinsi Aceh mengikuti Ujian Penyesuaian dan Inpassing Penyuluh Agama Islam Provinsi Aceh Tahun 2018, di lantai 2 Aula Kanwil, Banda Aceh, Kamis (1/11).

Ujian tersebut dibuka Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh dan dihadiri Kabag TU, H Saifuddin SE, Kabid Penaiszawa, Drs Azhari serta Para Kasi di bidang Penaiszawa.

Dalam sambutannya Kakanwil mengatakan penyuluh agama islam fungsional adalah teladan.

"Penyuluh itu multi fungsi, multi talenta dan sebagai suluh ditengah masyarakat yang memberikan teladan," ujar Kakanwil.

Karenanya, nanti setelah lulus seleksi jadilah penyuluh fungsional yang bekerja dengan ikhlas beramal dan semaksimal mungkin.

Penyuluh Agama merupakan salah satu profesi fungsional yang ada pada Kementerian Agama, memiliki tugas selaku pendakwah di lingkungan masyarakat tertentu yang menjadi sasaran binaan secara administratif.

"Namun secara umum seorang penyuluh agama dapat mendakwahkan ilmu agama yang dimilikinya kepada ummat secara keseluruhan," ungkap Kakanwil.

Selain itu, penyuluh Agama Islam juga siap untuk turut memikirkan dan memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara pribadi, keluarga maupun sebagai anggota masyarakat umum, tutup Daud Pakeh.

Seleksi yang berlangsung sehari tersebut meliputi tes administrasi tertulis dan tes wawancara.[]