Usai Pertemuan, Ketum Muhammadiyah Nyatakan Banser dan Kokam akan Kerjasama

 
Usai Pertemuan, Ketum Muhammadiyah Nyatakan Banser dan Kokam akan Kerjasama

LADUNI.ID, Jakarta – Usai pertemuan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/10), Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah H Haedar Nashir meminta Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) untuk kerja sama yang lebih konkret.

"Insyaallah nanti Banser dan Kokam, pemuda Muhammadiyah, akan kerja bersama program kemanusiaan, program kebencanaan, sebagai program ta'awun (saling tolong menolong)," tutur Haedar.

Keduanya yang memiliki potensi besar sebagai pemuda Indonesia perlu difasilitasi untuk hal-hal yang lebih nyata manfaatnya untuk masyarakat.

Sebagaimana dikonfirmasi oleh Panglima Tertinggi Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Ia menyatakan bahwa Muhammadiyah dan NU itu berasal dari akar yang sama. Kerja bersama itu, menurutnya, merupakan upaya menyatukan visi.

"Menggali saja akar yang sama itu, kemudian menyatukan dalam visi yang sama itu ke depan untuk kerjasama yang lebih baik ke depan," ujarnya.

Sebelumnya, Banser dan Kokam pernah mengadakan apel bersama di Prambanan pada Sabtu (16/12/2017). Kerja sama itu, kata Gus Yaqut, perlu diarahkan ke kegiatan yang lebih konkret.

"Kita bisa lakukan kegiatan pascabencana di Palu," tegasnya.