Ziarah di Makam Sunan Geseng, Sang Penyebar Islam di Bantul

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Sunan Geseng, Sang Penyebar Islam di Bantul

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Sunan Geseng, atau sering pula disebut Eyang Cakrajaya, adalah murid Sunan Kalijaga. Beliau adalah keturunan Imam Jafar ash-Shadiq, dengan nasab: Sunan Geseng bin Husain bin al-Wahdi bin Hasan bin Askar bin Muhammad bin Husein bin Askib bin Mohammad Wahid bin Hasan bin Asir bin 'Al bin Ahmad bin Mosrir bin Jazar bin Musa bin Hajr bin Ja'far ash-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin al-Madani bin al-Husain bin al-Imam Ali k.w.

Menurut hikayat, pada suatu saat beliau mengikuti anjuran Sunan Kalijaga untuk mengasingkan diri di suatu hutan untuk konsentrasi beribadah kepada Allah. Di tengah lelakunya itu, hutan tersebut terbakar, tetapi beliau tidak mau menghentikan tapanya, sesuai pesan sang guru untuk jangan memutus ibadah, apapun yang terjadi, sampai sang guru datang menjenguknya. Demikianlah, ketika kebakaran berhenti dan Sunan Kalijaga datang menjenguknya, dia dapati Cakrajaya telah menghitam hangus, meskipun tetap sehat wal afiat. Maka digelarilah beliau dengan Sunan Geseng.

Profil

Sunan Geseng terlahir dengan nama Cakrajaya (Cokrojoyo), putera dari Ki Ageng Kotesan yang bermukim di Lowanu-Bagelan-Purworejo. Beliau masih jalur keturunan dari Prabu Brawijaya.

Guru-guru beliau di antaranya:
Sunan Kalijaga

Murid-murid beliau di antaranya:

  1. Pangeran Purubaya
  2. Raden Mas Rangsang atau Sultan Agung Hanyakrakusumo

Untuk kelanjutannya tentang profil beliau silahkan baca di Biografi Sunan Geseng

 Lokasi Makam

Makam Sunan Geseng terletak di Dusun Jolosutro, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Letaknya kira-kira 2 km di sebelah kanan Jalan Yogyakarta-Wonosari Km. 14 (kalau datang dari Yogyakarta). Setiap tahun ada perayaan dari warga setempat untuk menghormati Sunan Geseng. Selain di dekat Pantai Parangtritis, Jogjakarta, makam Sunan Geseng juga dipercaya terdapat di sebuah desa yang bernama Desa Tirto, di kaki Gunung Andong-dekat Gungung Telomoyo-secara administratif di bawah Kecamaan Grabag, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Masyarakat sekitar makam khususnya, dan Grabag pada umumnya, sangat mempercayai bahwa makam yang ada di puncak bukit dengan bangunan cungkup dan makam di dalamnya adalah sarean (makam) Sunan Geseng.

Haul

Haul Sunan Geseng diperingati bulan Safar tepatnya hari Senin Legi, di adakan juga dzikir dan tahlil di tempat ini yang diikuti dari 6 padukuhan yaitu Njolo, Pandeyan, Kaligatuk, Prayan, Njasem dan Padukuhan Ngelosari, acara ini juga di sebut Sadranan Inggil(atas), karena setelah 5 hari atau Sepasar tepatnya pada Jumat Kliwon besok Tanggal juga ada Sadranan Ngandap(bawah) juga ada kenduri yang bertempat di Pemakaman Prayan dan Pemakaman Pangeran Ismoyo Umbaran di Padukuhan Prayan.

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Sunan Geseng banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Bantul saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman Dusun Jolosutro, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Sunan Geseng maka akan  dimudahkan dalam hajat yang diinginkannya, dibuka hati dan pikiran dalam mencari ilmu baik ilmu agama, ilmu bathiniah, maupun ilmu duniawi, dimudahkan dalam kenaikan derajat hidupnya.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Bantul di antaranya:
Gudeg, Bakpia, Yangko, Geplak, Tiwul, Peyek belut, Peyek Tumpuk, Wedang Uwuh.