Sang Pembela dan Penegak Kalimat Tauhid

 
Sang Pembela dan Penegak Kalimat Tauhid

LADUNI.ID, Jakarta - Saya pernah menjumpai seseorang yang ahli dalam membela dan menegakkan kalimat tauhid " لا اله الا الله محمد رسول الله ". Kemudian, saya berguru kepada beliau secara "face to face" selama 8 tahun dengan menghadiri pengajian kitab-kitab yang diajarkan beliau pada setiap hari Ahad siang sampai menjelang maghrib dan setiap malam Selasa jam 22.30 WIB sampai menjelang shalat shubuh.

Sebelum menjelang wafatnya beliau bercerita dan berwasiat untuk dijadikan i'tibar atau pelajaran bagi para jama'ah beliau sebagai santri-santri beliau. Kata beliau: Ada 3 amalan yang sudah saya istiqamahkan sejak sebelum baligh (kira-kira umur 10 tahun) hingga sekarang, yaitu:

1. Puasa "shaumud dahri", yaitu puasa sepanjang tahun kecuali 5 hari yang diharamkan puasa: Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, dan Hari Tasyriq, yaitu tgl 11-13 Dzul-Hijjah.
2. Shalat tahajjud.
3. As-Sahr ( السهر ), yaitu melek. Tegasnya tidak tidur sepanjang malam dengan cara menghidupkan malam hari dengan melakukan berbagai macam ibadah seperti: sholat, mengajar pengajian, membaca Al-Qur'an, Dzikir, dan sebagainya.

Selama 8 tahun berguru kepada beliau, beliau tidak pernah mengajarkan untuk membela tauhid harus melakukan demo dengan mengibarkan bendera "لا اله الا الله محمد رسول الله". Karena, perbuatan tersebut tidak ada keterangannya di kitab-kitab tauhid manapun juga yang membolehkannya.

Siapakah beliau? Beliau adalah Sang Guru Agung yang tabahhur (melaut) keilmuannya dan berpangkat "waliyullah", yaitu: ABUYA DIMYATHI (MBAH DIM) BANTEN.

Semoga semua amal ibadah beliau diterima Allah SWT dan kita mendapat keberkahannya dengan mengikuti ajaran-ajaran dan akhlak mulia beliau !!!

 Alfatihah .......

Oleh: Alfaqir Muhammad Thobary Syadzily