Bulan Safar #16: Kronologis Turunnya Musibah dan Bencana

 
Bulan Safar #16: Kronologis Turunnya Musibah dan Bencana

LADUNI.ID,HIKMAH-Membuka lembaran sejarah, sebagaian ahli makrifat menyebutkan bahwa bahwa Allah SWT telah membinasakan tujuh kaum yang kafir pada hari Rabu dengan tujuh macam azab, mereka itu adalah: pertama: Auj bin Unuq dibinasakan dengan burung Hudhud.

Kedua: Qarun dibinasakan dengan dibenamkan ke dalam tanah. Ketiga: Fir’aun dan pasukannya dibinasakan dengan ditenggelamkan ke dalam sungai Nil. Keempat: Namrud dibinasakan dengan nyamuk. Kelima: Kaum Luth dibinasakan dengan batu. Keenam: Syidad bin Aad dibinasakan dengan suara jeritan Jibril as. Ketujuh: Kaum Aad dibinaskan dengan angin yang kencang. 

Sebagaimana telah disebutkan dalam literatur ulama bahwa Allah Ta’ala menurunkan bala pada tiap-tiap tahun sebanyak 320.000 (tiga ratus dua puluh ribu) bala. Jelaslah dari pemhasan di atas bahwa hari Rabu adalah hari nahas, terutama pada hari Rabu di akhir bulan Safar. Sebagian ulama mengakui turunnya bala ke dunia ini besar-besaran pada akhir bulan Safar.

Melihat fenomena tersebut dituntut kepada kita untuk selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT di setiap waktu tidak terkecuali pada bulan Safar bilkhususnya Rabu terakir bulan Safar itu sendiri.

Eksistensi ibadah ini pula jangan sampai dijadikan media perselisihan sehingga timbul pertentangan di kalangan internal masyarakat muslim, justru amalan ini kita dijadikan sebagai momentum meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT serta sebuah sarana agar dapat berlindung kepada-Nya dari segala macam bencana dan mara bahaya yang akan menimpanya.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Aceh