Mengenang Jasa Pahlawan, Alumni Salafiyah Syafi'iyah di Kalbar Ziarahi Makam Pahlawan

 
Mengenang Jasa Pahlawan, Alumni Salafiyah Syafi'iyah di Kalbar Ziarahi Makam Pahlawan

LADUNI.ID, Pontianak – Hari Sabtu (10/11), Pengurus Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo (IKSASS) Rayon Kalimantan Barat melakukan ziarah ke makam para tokoh yang ada di Kalbar. Ziarah dimulai dari makam Sultan Syarif Abdurrahman Al Kadrie di Batulayang Kota Pontianak, makam KH Fathul Bari Ismail Peniraman Mempawah, dan makam Habib Husein Al Kadrie Mempawah.

Ketua IKSASS Rayon Kalbar, H Dedi Junaidi memaparkan bahwa tujuan utama ziarah ini adalah sebagai bentuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa yang gugur dalam peperangan dan banyak dari mereka adalah juga guru bagi masyarakat Kalbar. Para pahlawan mengorbankan diri dalam perjuangan dalam mendidik anak-anak bangsa di Kalbar dengan ikhlas dan tanpa tanda jasa.

"Sultan Hamid II, atau Syarif Abdul Hamid Alkadrie, putra sulung Sultan Pontianak keenam, Sultan Syarif Muhammad Al Kadrie adalah perancang lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Dan sekarang kita tahu bahwa Pancasila sebagai pemersatu bangsa," papar H Dedi, Sabtu (10/11) kemarin.

Selain itu, Dedi juga menyebut bahwa KHR As'ad Syamsul Arifin dua tahun yang lalu dikukuhkan oleh pemerintah menjadi Pahlawan Nasional. Hal itu pantas disyukuri oleh para santri.

"Kiai As'ad menganjurkan kepada santri dan alumni Sukorejo ketika momen Hari Pahlawan Nasional untuk mengingat dan mengenang perjuangan dan jasa jasa para pahlawan, menelaah cita cita para kusuma bangsa, dan menghormati para syuhada," terang Dedi.

Mereka membacakan amalan sesuai tuntunan NU di makam-makam yang dizirahi. Seperti di makam sultan Syarif Abdurrahman dibacakan Surat Yasin dan Ratibul Haddat; di Makam KH Fathul Bari menghatamkan Al-Qur'an. Sementara di Makam Habib Husen Al Kadrie dibacakan Tahlil.

Saat itu, sebanyak 60 orang alumni, wali santri dan simpatisan mengikut kegiatan ini. Selain pengurus IKSASS Rayon Kalbar, ziarah ini juga diadakan pengurus SubRayon IKSASS Kabupaten Ketepang di hari yang sama.