Mobil Listrik Buatan ITS Uji Coba Jelajahi Indonesia

 
Mobil Listrik Buatan ITS Uji Coba Jelajahi Indonesia

LADUNI.ID,SURABAYA - Mobil Listrik buatan Pusat Unggulan IPTEK Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kini telah sampai di Jakarta pada Jumat (9/11). Perjalanan Mobil listrik yang diberinama PLN BLITS Explore Indonesia tersebut telah melewati Solo, Yogyakarta, Semarang, Pekalongan, Cirebon dan akan terus melanjutkan ke seluruh penjuru Nusantara. 

PLN Blits Explore Indonesia melakukan perjalanan keliling Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan kendaraan listrik ke seluruh masyarakat. Selain itu perjalanan ini sekaligus untuk menguji ketahanan mobil listrik hasil kerja sama Universitas Budi Luhur dengan ITS tersebut.

Salah satu anggota tim mengatakan Uta Nugraha menjelaskan PLN BLITS Explore Indonesia merupakan perjalanan keliling Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan kendaraan listrik ke seluruh masyarakat. Selain itu perjalanan ini sekaligus untuk menguji ketahanan mobil listrik hasil kerja sama Universitas Budi Luhur dengan ITS tersebut. 

“Dengan total jarak tempuh kurang lebih sejauh 15.000 Km, Explore Indonesia ini direncanakan selesai dalam 90-100 hari, sehingga seluruh provinsi di Indonesia itu harus dilewati,”ujarnya Uta sebagaimana dilansir laman resmi ITS

Menurut Uta, terdapat empat kendaraan yang berangkat pada perjalanan ini, terdiri dari mobil listrik BLITS, mobil Hybrid Series Kasuari, dan dua mobil pendukung yang berisi suku cadang. Anggota tim sendiri terdiri dari delapan orang dengan rincian empat mahasiswa dan empat mekanik pendukung. 

“Karena produk mobil ini memang buatan kami sendiri, jadi kami harus benar-benar mengetahui hasil dari pengujian ini” ujar Uta.

Kegiatan ini sendiri didukung penuh oleh PLN, salah satunya berupa fasilitas untuk melakukan pengisian daya baterai mobil. Pengisian daya baterai mobil dilakukan di kantor PLN yang berada di rute yang dilewati. Selain itu, tim PLN Blits Explore Indonesia juga beristirahat selama kurang lebih delapan sampai sepuluh jam. Perjalanan akan dilanjutkan ketika baterai sudah terisi penuh.

Sepanjang perjalanan memperkenalkan mobil listrik ini, berbagai hambatan telah dilalui oleh tim PLN Blits Explore Indoensia. Seperti pada awal perjalanan, terdapat kendala pada sistem tranmisi sehingga harus diperbaiki di Yogyakarta dalam waktu dua minggu. Beruntung mereka mendapatkan fasilitas tempat dan peralatan di salah satu bengkel terkemuka di sana. 

“Semua hal itu harus segera kami selesaikan saat itu juga,” tuturnya.

Setelah dari Jakarta, tim PLN Blits Explore Indonesia akan melanjutkan perjalanannya menuju Pulau Sumatera dan diteruskan ke Pulau Kalimantan. 

“Perjalanan di Pulau Sumatera berakhir di Medan, kemudian mobil akan dinaikkan ke kapal dan menyebrang menuju ke Pontianak,” ucap mahasiswa magister Departemen Teknik Elektro ITS tersebut.