Misteri Rumoh Geudong #1: Rumah "Neraka" Konflik Aceh Masa DOM

 
Misteri Rumoh Geudong #1: Rumah

LADUNI. ID, SEJARAH- Pidie salah satu daerah di Aceh yang terparah terimbas konflik bersenjata baik pra Daerah Operasi Militer (DOM) maupun pascanya.

Salah satu situs sejarah yang menyimpan nestapa yang tidak terlupakan dengan korban yang tidak sedikit.

Tempat itu berada di Desa Bilie Aron, Kecamatan Geulumpang Tiga, Pidie,. Sebuah bangunan rumah tradisional Aceh itu telah menyimpan “dendam” yang kini telah dihapus dalam pandangan mata setelah di bakar massal.

Walaupun berbentuk rumah adat Aceh, namun bangunan itu sangat angker kala itu dan popular di kalangan masyarakat Aceh dengan ungkapan “Rumoh Geudong”.  Rumah itu terkenal di seantero Aceh setelah dijadikan sebagai Pos Sattis oleh pasukan Kopassus.

Keberadaan Rumah Geudong itu turut di jadikan sebagai kamp konsentrasi militer selama pemberlakuan Daerah Operasi Militer (DOM). Di Rumoh Geudong itu, jejak-jejak kekerasan dan penganiayaan terhadap masyarakat sipil atau mereka yang dituding terlibat.

Gerakan Pengacau Keamanan (pemberontakan), terekam hebat. Sungguh sangat sedikit  sekali tawanan yang dibawa ke sini tidak mengalami penyiksaa-n dan kekerasan.

Mungkin anda masyarakat Aceh atau militer yang pernah terlihat pasti mengetahui dan sebagiannya ikut merasakan tragedi Rumoh "Negeri Pidie, Benarkah ?

Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Aceh