Sang Al-Quran Berjalan

 
Sang Al-Quran Berjalan

LADUNI. ID, HIKMAH - Baginda Rasulullah Saw merupakan sosok sempurna yang hadir di tengah-tengah umat manusia, membawa kabar gembira, menerangi kegelapan dengan membawa cahaya Islam.

Hisyam bin Amir pernah bertanya kepada Aisyah RA tentang akhlak Rasulullah SAW. Aisyah menjawab,“Akhlak Rasulullah SAW adalah Al Quran.”(HR Muslim).

Sungguh, jawaban Aisyah ini singkat, namun sarat makna yang luar biasa. Sayyidatina Aisyah menyifati beliau dengan satu sifat yang dapat mewakili dan menghimun seluruh sifat yang ada pada Rasulullah Saw.

Banyak ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang kepribadian tauladan yang sangat mulaipada sosok rasulullah Saw,diantaranya sebagaimana disebutkan dalam surat al-Ahzab ayat 21 berbunyi;

”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”(QS. Al-Maidah:21).

Berdasarkan ayat di atas bahwa dengan akhlak dan budi pekerti yang dimiliki oleh baginda  nabi diharapkan semua umat manusia mampu mencontoh dan meneladi-Nya.

Sehingga terciptalah kehidupan umat Islam yang aman dan damai di negeri Indonesia tercinta ini serta dunia umumnya, karena pada hakikatnya nabi Muhammad diutus adalah sebagai rahmat bagi sekalian alam.

Dalam surat lain juga di ungkapkan pembahasan tentang sosok kepribadian rasulullah dengan bunyinya:

“Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus di antara mereka seorang Rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah. Sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata”(QS. Ali Imran:164)

Ayat di atas menunjukkan bahwa Nabi Muhammad Saw adalah pribadi yang penuh anugerah. Namun demikian, kini beliau Saw. sudah wafat dan tidak ada nabi setelah beliau. Agama ini telah sempurna dan Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw.