Ilmuwan Kembangkan Kondom Unik yang Bisa 'Licin' Sendiri Saat Dipakai

 
Ilmuwan Kembangkan Kondom Unik yang Bisa 'Licin' Sendiri Saat Dipakai

LADUNI.ID, IPTEK- Kondom adalah alat kontrasepsi yang efektif namun tidak semua orang nyaman memakainya. Beberapa mungkin merasa kondom terlalu kering saat bercinta meski sudah dikemas dengan lubrikan dari produsennya.

Menghadapi hal tersebut sekelompok peneliti yang dibiayai oleh salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, berusaha mengembangkan kondom yang bisa lubrikasi sendiri. Tujuannya agar kondom tetap terasa licin dan nyaman meski sesi bercinta berlangsung lama.

Profesor Mark Grinstaff dari Boston University mengatakan bahwa kondom dibuat dengan bahan khusus yang akan terasa licin ketika terpapar cairan tubuh. Laporan di jurnal Royal Society Open Science menyebut kondom tersebut bisa mempertahankan sensasi licinnya bahkan setelah 1.000 kali gerakan menusuk.

Sebagai perbandingan kondom dengan lubrikan yang biasa dijual menurut peneliti akan mulai mengering dan tidak licin lagi setelah 600 gerakan menusuk.

"Saat kamu pegang kondom ini dalam kondisi kering akan terasa sedikit berlendir, tapi ketika terpapar air atau cairan tubuh baru terasa benar-benar licin. Kamu cuma perlu sedikit air untuk mengaktifkannya," kata Prof Mark seperti dikutip dari BBC, Rabu (17/10/2018).

Menurut Prof Mark saat ini kondom masih dalam tahap percobaan. Uji klinis diperkirakan baru bisa dimulai tahun depan.

Harapannya kondom baru tersebut akan mendorong penggunaan alat kontrasepsi di tengah masyarakat. Dengan demikian angka kehamilan tidak diinginkan dan penularan penyakit menular seksual juga bisa ditekan.

Sumber: detik.com