Khutbah Jumat: Beriman, Berhijrah, dan Berjihad

 
Khutbah Jumat: Beriman, Berhijrah, dan Berjihad

KHUTBAH I

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ. أَمَّا بَعْدُ؛

فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، َقَالَ اللهُ تَعَالَى اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْٓا اُولٰۤىِٕكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَاجِرُوْا مَا لَكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَاجِرُوْاۚ وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Mengawali khutbah ini, tidak bosan-bosannya, khatib mengajak kepada diri khatib pribadi dan seluruh jamaah untuk senantiasa bersyukur pada Allah swt atas segala anugerah nikmat yang kita terima dalam kehidupan ini. Dan juga mari kita terus meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt, bukan hanya diucapkan melalui lisan kita saja, namun terlebih dari itu ditancapkan dalam hati dan diwujudkan dalam perbuatan kita sehari-hari. Di antara wujud komitmen bertakwa itu adalah senantiasa menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala yang dilarang-Nya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang menjadi panutan kita dan tiap sunnahnya selalu kita teladani.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Orang-orang yang beriman adalah orang-orang yang mempercayai Allah dan rasul-Nya, diwujudkan dalam tiga komponen, yaitu (1) meyakini dalam hati, (2) mengikrarkan dengan lisan, dan (3) merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Keimanan memiliki enam rukun, yaitu (1) beriman kepada Allah, (2) beriman kepada para malaikat, (3) beriman kepada kitab-kitab Allah, (4) beriman kepada para nabi dan rasul, (5) beriman kepada hari akhirat, dan (6) beriman kepada qada dan qadar Allah s.w.t..

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْٓا اُولٰۤىِٕكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَاجِرُوْا مَا لَكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَاجِرُوْاۚ وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ (٧٢)

 “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang Muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Anfal, 08:72).

Berhijrah pengertiannya menurut bahasa adalah berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Pengertian syariatnya, berhijrah memiliki dua makna, yang pertama hijrahnya Nabi bersama para sahabatnya dari mekkah ke Yatsrib (Madinah) dalam rangka menegakkan dan memperkuat ajaran agama. Pengertian syariat yang kedua adalah berpindahnya seorang muslim dari sikap tercela menuju sikap yang terpuji, dari keburukan menuju kebaikan, dari yang munkar menuju yang ma’ruf, dari yang batil menuju yang haq.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Jihad pengertiannya menurut bahasa adalah usaha dengan sungguh-sungguh. Kemudian perkembangan selanjutnya bisa dipahami dalam beberapa makna, antara lain berjihad atau melawan hawa nafsu, berjihad untuk memperjuangkan kebaikan di tengah masyarakat dan memberantas kebatilan, dan berjihad di medan laga dalam arti peperangan untuk mempertahankan agama Islam, atau menegakkan kalimat Allah. Pengertian jihad selanjutnya bisa lebih luas lagi, yaitu segala daya, upaya, dan usaha untuk mewujudkan kemaslahatan bagi masyarakat umum.

Mereka yang memiliki tiga kriteria di atas, merupakan orang yang paling baik dan paling sempurna bila dibandingkan dengan manusia yang lain. Karena itu, ayat ini menyebutkan bahwa orang-orang yang beriman, berhijrah, dan berjihad dengan jiwa dan harta di jalan Allah, dan mereka yang berpartisipasi dalam aktivitas itu, mereka saling tolong menolong dan saling melindungi. Contohnya seperti persaudaraan dan persatuan yang dijalin oleh kaum Muhajirin dari Mekkah dan kaum Anshar (pribumi Madinah).

Dari mereka itu dapat diidentifikasi sebagai berikut: (1) golongan yang paling tinggi derajatnya, yaitu kaum Muhajirin dari Mekkah yang berjuang bersama Nabi, sejak ketika mereka berada di Mekkah sampai mereka berada di Madinah. Termasuk dalam golongan ini adalah kaum muslimin Mekkah yang menyusul berhijrah mengikuti Nabi ke Madinah.

Golongan yang ke (2) adalah para pribumi Madinah yang disebut kaum Anshar yang memberikan pertolongan kepada kaum Muhajirin dan menjadi kaum muslimin yang sangat baik terhadap kaum imigran dari Mekkah. Mereka menyediakan tempat tinggal, menyediakan makanan, pakaian, dan perlengkapan lainnya. Kaum Anshar demikain kuat persaudaraan mereka dengan kaum Muhajirin, sehingga seolah-olah seperti saudara secara biologis.

Golongan yang ke (3) adalah golongan umat Islam yang tidak bisa ikut hijrah ke Madinah, mereka tetap tinggal di negara orang-orang musyrik seperti Mekkah atau tempat-tempat lain di sekitarnya. Mereka tidak dapat melakukan hijrah, karena berhalangan, seperti usianya sudah terlalu tua, atau mereka yang lemah dan tidak memiliki kekuatan untuk berhijrah, atau mereka yang tidak mengetahui jalan untuk berhijrah. Umat Islam yang berada di wilayah kekuasaan kaum musyrik, tetap harus mendapatkan bantuan dari kaum muslimin di Madinah. Apabila mereka dimusuhi oleh kaum musyrikin, sehingga harus dipaksa keluar dari agama Islam, maka wajib bagi umat Islam di kota Madinah untuk melindungi mereka, baik dengan jalan damai ataupun dengan peperangan.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Kaum Muhajirin disebutkan sebagai orang-orang yang sempurna imannya, karena telah teruji dan terbukti dengan perbuatan yang sangat baik. Mereka mendukung agama Islam sejak pertama agama diturunkan kepada Nabi Muhammad di Mekkah, sampai mereka berhijrah bersamanya ke Madinah. Orang-orang Anshar (pribumi Madinah) telah mengorbankan segala kemampuannya, baik dengan harta, jiwa, dan kekuatanya untuk menegakkan agama Islam. Sekiranya tidak ada bantuan yang memadai dari pribumi Madinah, tentu kaum Muhajirin akan menjumpai kesulitan dalam menyebarkan agama Islam. Karena itu layak, apabila mereka mendapatkan kedudukan yang istimewa.

Kesetian kaum Anshar (pribumi Madinah dalam membela tegaknya agam Islam, sangat luar biasa. Mereka rela mengutamakan kaum Muhajirin dari diri mereka sendiri. Disebutkan dalam al-Qur’an:

وَالَّذِيْنَ تَبَوَّءُو الدَّارَ وَالْاِيْمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّوْنَ مَنْ هَاجَرَ اِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُوْنَ فِيْ صُدُوْرِهِمْ حَاجَةً مِّمَّآ اُوْتُوْا وَيُؤْثِرُوْنَ عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۗوَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَۚ (٩)

وَالَّذِيْنَ جَاۤءُوْ مِنْۢ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ ࣖ (١٠)

Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshar) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshar) 'mencintai' orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshar) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung.
Selain dari sikap dan perilaku yang sangat terpuji itu, kaum Anshar senantiasa berdoa memohon kepada Allah untuk kebaikan para pendahulunya, yaitu mereka yang lebih dahulu masuk Islam. “Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Wahai Tuhan kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang". (QS. Al-Hasyr, 59: 9-10).

Kelompok yang keempat, yaitu mereka yang terlambat menjadi orang-orang mukmin, terlambat berhijrah. Meskipun demikian mereka ikut berjuang dengan ikhlas bersama kaum muslimin.

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْۢ بَعْدُ وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا مَعَكُمْ فَاُولٰۤىِٕكَ مِنْكُمْۗ وَاُولُوا الْاَرْحَامِ بَعْضُهُمْ اَوْلٰى بِبَعْضٍ فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ (٧٥)

 “Dan orang-orang yang beriman sesudah itu kemudian berhijrah serta berjihad bersamamu maka orang-orang itu termasuk golonganmu (juga). Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat) di dalam kitab Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (QS. Al-Anfal, 08:75).

Walaupun mereka masuk Islam terlambat, tetapi mereka benar-benar menjadi muslim yang baik. Mereka berkorban dengan harta dan jiwanya sebagaimana para pendahulu mereka yang telah lebih dahulu masuk Islam. Mereka digolongkan bersama kaum Muhajirin dan Anshar, meskipun kualitasnya agak sedikit ke bawah. Karena, segala usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu mereka, jauh lebih berat dibandingkan dengan kelompok yang kemudian itu. Mengenai hal ini Allah berfirman:

وَمَا لَكُمْ اَلَّا تُنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلِلّٰهِ مِيْرَاثُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا يَسْتَوِيْ مِنْكُمْ مَّنْ اَنْفَقَ مِنْ قَبْلِ الْفَتْحِ وَقَاتَلَۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْظَمُ دَرَجَةً مِّنَ الَّذِيْنَ اَنْفَقُوْا مِنْۢ بَعْدُ وَقَاتَلُوْاۗ وَكُلًّا وَّعَدَ اللّٰهُ الْحُسْنٰىۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ࣖ (١٠)

Dan mengapa kamu tidak menafkahkan (sebagian hartamu) pada jalan Allah, padahal Allah-lah yang mempusakai (mempunyai) langit dan bumi? Tidak sama di antara kamu orang yang menafkahkan (hartanya) dan berperang sebelum penaklukan (Mekah). Mereka lebih tingi derajatnya daripada orang-orang yang menafkahkan (hartanya) dan berperang sesudah itu. Allah menjanjikan kepada masing-masing mereka (balasan) yang lebih baik. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Hadid, 57:10).

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Mereka semua yang tergolong dalam empat kelompok tadi adalah orang-orang yang mendapat keridhaan Allah, sehingga mereka memperoleh kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Allah berfirman:

وَالسّٰبِقُوْنَ الْاَوَّلُوْنَ مِنَ الْمُهٰجِرِيْنَ وَالْاَنْصَارِ وَالَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُمْ بِاِحْسَانٍۙ رَّضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ وَاَعَدَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ تَحْتَهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ (١٠٠)

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar”. (QS. Al-Taubah, 09:100).

Persaudaraan dan jalinan kasih sayang sesama umat Islam harus senantiasa dijalin dengan baik dan dirajut secara sempurna. Namun demikian, kedudukan kaum kerabat yang muslim tetap diutamakan, sebagaimana disebutkan dalam al-Qur’an:

۞ وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ (٣٦)

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri”, (QS. Al-Nisa, 04:36).

 

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ بِاْلُقْرءَانِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ ِبمَا ِفيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهٗ هُوَ اْلغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا، َأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

__________________________
Oleh: Dr. KH. Zakky Mubarak, MA