Do’a Setelah Sholat Jum’at dan Dzikir Lengkap

 
Do’a Setelah Sholat Jum’at dan Dzikir Lengkap

LADUNI.ID, Jakarta - Sholat jum’at merupakan sholat yang di wajibkan bagi setiap kaum laki-laki yang dikerjakan sebagai pengganti sholat dzuhur di hari jum’at dan dilakukan secara berjamaah. Sama halnya dengan sholat fardhu ada beberapa adab yang harus dilakukan seperti berwudhlu, membaca niat, dan juga membaca wirid, berdzikir serta membaca do’a setelah sholat jum’at selesai. Namun umumnya sebelum melaksanakan sholat jum’at berjama’ah, khatib jum’at selalu membacakan sebuah ceramah.

Tentunya ada banyak sekali manfaat sholat jum’at yang akan kita dapatkan ketika kita selalu menjalankannya secara rutin setiap hari jum’at datang. Begitu juga dengan manfaat dzikir dan doa setelah sholat jum’at pun sangatlah luar biasa. Terlebih lagi dalam kalender Islam, hari jum’at merupakan salah satu hari yang paling istimewa dan juga mulia. Jadi tidak heran apababila kita sebagai umat muslim sudah sepantasnya membuat hari jumat tersebut tidak sia-sia.

Salah satu cara menghargainya adalah kita membacakan do'a dan dzikir setelah sholat jum’at selesai khususnya bagi kaum laki-laki. Yang mana dengan kita membaca dzikir dan do’a setelah sholat jum’at, insya Allah apa yang tengah kita inginkan atau dalam islam menyebutnya hajat akan bisa didengar Allah SWT dan juga di kabulkan. Dan berikut adalah bacaan dzikir dan do'a setelah sholat jum’at yang bisa kita pelajari apabila memang masih belum memahaminya.

Dimana yang akan kami share cukup lengkap karena terdapat bahasa arab, latin serta artinya Sama halnya seperti do’a dan dzikir sesudah sholat fardhu, kita sebagai umat muslim memang sudah sepantasnya untuk bisa menghafalkan bacaan dzikir. Karena bacaan tersebut setidaknya akan selalu di gunakan setiap kali kita selesai melakukan ibadah sholat, termasuk juga setelah selesai sholat jum’at. Dengan membaca dzikir tentunya kita akan lebih merasa tenang karena dzikir adalah salah satu obat yang paling mujarab untuk bisa memenangkan hati dan pikiran kita sebagai umat manusia.

Lalu bagaimana jika kita masih belum bisa menghafal bacaan dzikir? maka kita di perbolehkan untuk bisa menghafalkan bacaan dzikir dan wirid setelah sholat jum’at yang pendek-pendek agar bisa kita hafal dengan mudah. Dan berikut ada beberpa bacaan dzikir dan wirid pendek yang bisa kalian baca atau lafadzkan ketika selesai sholat jum'at.

1. Dzikir Takbir dengan lafadz = Allohu Akbar (Allah Maha Besar)
2. Dzikir Tasbih dengan lafadz = Subhanalloh (Maha Suci Allah)
3. Dzikir Tahmid dengan lafadz = Alhamdulillah (Segala Puji Bagi Allah)
4. Dzikir Tahlil dengan lafadz = Laa ilaaha illalloh (Tidak Ada Tuhan Selain Allah)
5. Dzikir Istighfar dengan lafadz = Astaghfirullohal ‘Adzim (Aku Memohon Ampun Kepada Allah yang Maha Agung)
6. Dzikir Sholawat Nabi dengan lafadz = Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad Wa ‘ala Ali Sayyidina Muhammad

Lalu berapa kalikah setiap dizikir pendek diatas kita baca setelah sholat jum’at? Tentunya
kita bisa membacanya sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemauan dan keikhlasan hati, ketika membacanya. Dengan membaca dzikir dan do’a setelah sholat jum’at tentu saja kita akan banyak mendapatkan pahala sebagai bekal kelak diakhirat.
Tidak hanya sampai disitu, ada juga firman Allah SWT yang masih terkait pada dzikir yang terdapat pada Surat Al-Ahzab 30:41-42 yang berbunyi:


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًاۙ (٤١)

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (Qs.Al-Ahzab 30:41)

وَّسَبِّحُوْهُ بُكْرَةً وَّاَصِيْلًا (٤٢)

“Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.” (Qs.Al-Ahzab 30:42)

Selain itu ada juga firman Allah SWT Lainnya yang terkandung didalam surat Al-Jumu’ah 62:10 yang berbunyi:

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ (١٠)

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Qs.Al-Jumu’ah 62:10)

Tidak ada batasannya kita membaca do’a setelah sholat jum’at. Karena memang do’a merupakan salah satu hal yang tidak bisa dibatasi. Namun begitu ada beberapa do’a yang memang di khsususkan untuk dibaca setelah sholat jum’at. Dan berikut kami sudah kumpulkan beberapa do’a setelah sholat jum’at secara lengkap baik dalam bahasa arab, latin, dan juga artinya.

1. Membaca Surat Al Fatihah 7x

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ (٢) الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ (٣) مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ (٤) اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ (٥) اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ (٦) صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ (٧)

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN, ARRAHMAANIRRAHIIM MAALIKI YAUMIDDIIN, IYYAKA NABUDU WAIYYAAKA NASTAIIN, IHDINASHIRRATAL MUSTAQIM, SHIRATALLADZINA AN’AMTA ALAIHIM GHAIRIL MAGHDUUBI ALAIHIM WALADHAALIN.

 

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Yang menguasai di Hari Pembalasan, Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan, Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

2. Membaca Surat Al-Ikhlas 4 Ayat Surat ke 112 . 7x

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ (١) اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ (٢) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ (٣) وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ (٤)

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM , QUL HUWALLAHU AHAD ALLAHUS-SAMAD LAM YALID WA LAM YULAD WA LAM YAKUL LAHU KUFUWAN AHAD

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa Allah tempat meminta segala sesuatu (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia”

3. Membaca Surat Al-Falaq 5 Ayat Surat ke 113 . 7x

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ (١) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ (٢) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ (٣) وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ (٤) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ (٥)

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, QUL A’UZU BIRABBIL-FALAQ MIN SYARRI MA KHALAQ WA MIN SYARRI GASIQIN IZA WAQAB WA MIN SYARRIN-NAFFASATI FIL-‘UQAD WA MIN SYARRI HASIDIN IZA HASAD

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, “Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

4. Membaca Surat  An-Nas 6 Ayat  Surat ke 114 . 7x

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ (١) مَلِكِ النَّاسِۙ (٢) اِلٰهِ النَّاسِۙ (٣) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ (٤) الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ (٥) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ (٦)

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, QUL A’UZU BIRABBIN-NAS MALIKIN-NAS ILAHIN-NAS MIN SYARRILWASWASIL-KHANNAS ALLAZI YUWASWISU FI SUDURIN-NAS MINAL-JINNATI WAN-NAS

 Artinya:  Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, “Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

5. Membaca Do'a untuk diberi kesehatan dan rejeki lancar

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

ALLAHUMMA THOWWIL UMUURONA, WA SHOHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA SABBIT IIMAANANAA WA AHSIN A’MAALANAA, WA WASSI’ ARZAQONAA, WA ILAL KHOIRI QORRIBNAA WA ‘ANISY-SYARRI AB’IDNAA, WAQDHI KHAWAA-IJANA FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIRATI INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QODIIRUN

Artinya: “Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

6. Membaca Do'a setelah Sholat Jum’at untuk memohon Ampun

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

ALLOOHUMMAGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WARHAM HUMMA KAMAA RABBAYAA NII SHAGHIIRAA

Artinya: “Ya Allah, Ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Bapak dan Ibuku) serta kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mengasihani dan mendidikku semenjak kecil”

7. Membaca Do'a untuk di mudahkan segala urusan

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLAHUMMA LAA SAHLA ILLA MAA JA’ALTAHU SAHLAA, WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZA SYI’TA SAHLAA

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”

Demikian bacaan doa setelah melakukan sholat jum’at yang bisa kita pelajari untuk bisa di hafalkan. Agar nantinya ketika kita selesai melakukan sholat jum’at bisa langsung membaca dzikir dan doa setelah sholat jum’at tersebut. Semoga dengan membaca dan menyimak informasi diatas kita bisa lebih memahami lagi apa makna yang akan kita peroleh. Aamiin

 

__________________________

Sumber : Dari Berbagai Sumber Islami