Ziarah di Makam KH. Maftuh Bahtsul Birri, Sang Pendekar Al-Qur'an Lirboyo

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Maftuh Bahtsul Birri, Sang Pendekar Al-Qur'an Lirboyo

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Maftuh Basthul Birri beliau adalah ulama kharismatik Lirboyo, Kediri.  KH. Muhammad Maftuh Basthul Birri juga pendiri sekaligus pengasuh Pondok pesantren Madrasah Murottilil Qur’an (MMQ) Lirboyo, Kediri Jawa Timur.

selain sebagai penghafal Al Qur'an beliau ahli dalam bidang tulis-menulis al-Quran (khath). Hasil karyanya dalam bidang kaligrafi cukup banyak dan sangat indah. Tidak berlebihan jika kita menggolongkan beliau ke dalam daftar para khaththat handal Indonesia. Kedalaman ilmu dan pengalaman KH. Maftuh Basthul Birri dalam bidang al-Quran dan kitab kuning mengantarkan beliau menjadi penulis produktif dan kreatif. Berikut hasil karya beliau yang dijadikan buku antara lain:

Hidangan Segar Al-Quran (Keutamaan-keutamaan dan Kewajiban Belajar al-Quran). Persiapan Membaca Al-Quran dengan Rosm Utsmani dan Tanda Baca yang Bertajwid. Mari Memakai Al-Quran Rosm ‘Utsmaniy (RU), Kajian Tulisan al-Quran dan Pembangkit Generasinya dan masih banyak lagi.

Profil

KH. Maftuh Basthul Birri lahir pada tahun 1948 M, di Desa Karangwuluh, Kec. Kutoarjo, Kab. Purworejo , Jawa Tengah. Tidak diketahui secara pasti tanggal dan bulan kelahirannya. Kedua orang tua Kiai Maftuh bernama Basthul Birri dan Muslimah

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Maftuh Basthul Birri

Guru-Guru Beliau

1. KH.Nawawi Abdul Aziz, pendiri Pesantren An-Nur Ngrukem, Bantul Yogyakarta.
2. KH. Arwani Amin, Kudus
3. KH. Marzuqi Dahlan
4. KH. Hamim Thohari Djazuli (Gus Miek)

Lokasi Makam

KH. Maftuh Basthul Birri wafat dalam usia 71 tahun, hari Rabu sore, 4 Desember 2019. beliau dimakamkan di belakangnya Masjid Al Hasan Lirboyo Kediri.

Haul

Haul beliau diadakan setiap tahun sekali di Pondok Pesantren Murottilil Qur’an, Kediri. Haul beliau diperingati pada bulan Rabiul Akhir untuk tanggal haul akan diberitahukan pihak keluarga besar Pondok Pesantren Murottilil Qur’an.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Maftuh Basthul Birri banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Kediri saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman di belakang masjid Al Hasan Pondok pesantren Lirboyo, Kediri.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Maftuh Basthul Birri, dibukakan akal pikiran dan hatinya dalam menerima ilmu, dimudahkan dalam mencapai cita-citanya, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak yang sholeh-sholehah.

Peninggalan

Beliau adalah pendiri sekaligus pengasuh Pondok pesantren Madrasah Murottilil Qur’an (PPMMQ) Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri Jawa Timur.

Karya-Karya beliau:

Kedalaman ilmu dan pengalaman KH. Maftuh Basthul Birri dalam bidang al-Quran dan kitab kuning mengantarkan beliau menjadi penulis produktif dan kreatif. Diantara hasil karya beliau adalah:

  1. Hidangan Segar Al-Quran (Keutamaan-keutamaan dan Kewajiban Belajar al-Quran). Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.
  2. Persiapan Membaca Al-Quran dengan Rosm Utsmani dan Tanda Baca yang Bertajwid. Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.
  3. Mari Memakai Al-Quran Rosm ‘Utsmaniy (RU), Kajian Tulisan al-Quran dan Pembangkit Generasinya. Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.
  4. Al-Quran Bonus yang Terlupakan, Metode canggih mengaji dan mengajar al-Quran dan Perihal yang Terkait. Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.
  5. Fath al-Mannan (Tajwid Jawa Komplit). Surabaya: CV Ihsan.
  6. Standar Tajwid Bacaan Al-Quran (terjemah bahasa Indonesia Fath al-Mannan). Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.
  7. Mental Khataman Al-Quran. Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.
  8. Reformasi Menurut Al-Quran. Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.
  9. Manaqib al-Auliya’ al-Khamsin. Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.
  10. Manaqib 50 Wali Agung (terjemahan bahasa Indonesia dari Manaqib al-Auliya’ al-Khamsin) Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.
  11. Jet Tempur, Turutan Mengaji Al-Quran Kanak-kanak (Pemula). Kediri: Pustaka Jet Tempur, PPMQ Lirboyo.

 

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Kediri di antaranya:
Sambal Tumpang, Carang Mas, Coklat Tempe, Batik Kediri,Getuk Pisang Kediri, Tahu Takwa, Tahu Pong