Mengapa Jumat Baik untuk Bershalawat?

 
Mengapa Jumat Baik untuk Bershalawat?
Sumber Gambar: Unsplash.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Hari Jumat adalah hari mulia, bahkan disebut sebagai Sayyidul Ayam atau rajanya hari. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat juga terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya. Selama tidak meminta dosa atau memutus silaturrahim.

Hari kiamat, juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat. Sehingga kita sebagai muslim juga harus memanfaatkannya, karena pada hari inilah berbagai amal ibadah kita akan dilipatgandakan pahalanya. Salah satu amalan yang baik dilakukan di hari Jumat adalah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw..

Memperbanyak shalawat di hari Jumat memiliki keutamaan sendiri bagi siapa saja yang membacanya. Keutamaan shalawat pada hari Jumat tertuang pada hadis yang diriwayatkan oleh Baihaqi dalam Sunan al-Kubro berikut:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya: "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum'at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR Baihaqi dalam Kitab Sunan al-Kubro)

Hadis tersebut menunjukkan bahwa bershalawat di hari Jumat akan membuat kita lebih dekat dengan Nabi Muhammad saw. saat kiamat tiba. Selain itu, memperbanyak shalawat di hari Jumat juga akan menghasilkan pahala yang berlipat ganda.

Sebagaimana yang diucapkan dalam hadis riwayat Imam al-Syafi'i yang berbunyi:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ ال

Artinya: "Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah saw. bersabda, 'Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar'. Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan'." (HR. Imam al-Syafi'i dalam kitab al-Umm Juz 1).

Sehingga marilah kita memperbanyak shalawat kepada Nabi SAW, seminimalnya adalah dengan Sholallahu ala Muhammad atau Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad"  Sehingga semoga kita semua mendapatkan kebaikan dan rahasia Sirr nya Nabi Muhammad SAW. 

Wallahu A'lam.


Penulis: Athallah Hareldi