Keutamaan Bershalawat Hari Jumat

 
Keutamaan Bershalawat Hari Jumat
Sumber Gambar: Unplash.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.Id, Jakarta - Shalawat di hari Jumat adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam islam. Karena Jumat adalah hari yang istimewa dan dimuliakan. Dan Shalawat kita pun kata Nabi SAW akan diperdengarkan kepada Nabi SAW pada hari jumat. Tentu saja ini merupakan bentuk pendekatan kita kepada Nabi SAW yang belum dipertemukan secara langsung dengan Nabi Muhammad SAW.

Selain dapat mendekatkan diri kepada Rasul, membaca shalawat kepada Nabi Muhammad di hari Jumat juga akan menghapus segala dosa sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ في كُلِّ جُمُعَةٍ أرْبَعِينَ مَرَّةً مَحَا الله ذُنُوبَهُ كُلَّهَا}.

Artinya: "Barang siapa bershalawat kepadaku di setiap hari Jumat sebanyak 40 kali maka Allah menghapus semua dosa-dosanya."

Hadis tersebut mengatakan bahwa kita dianjurkan untuk membaca shalawat sebanyak 40 kali di hari Jumat untuk menghapus segala dosa yang telah kita perbuat.

Setiap kita bershalawat kepada Nabi SAW, Allah SWT pun akan membalas shalawat kita sepuluh kali. Dimana bentuk shalawat ini adalah rahmat kepada makhluknya.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.”. (HR. Muslim no. 408).

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti.”. (Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy.

Membaca shalawat pada hari Jumat juga banyak sekali manfaat. Shalawat merupakan bentuk doa dan pujian kita untuk Nabi Muhammad saw. sebab itulah shalawat akan mendatangkan rahmat Allah yang berlimpah kepada siapa pun yang membacanya. Kita bisa mendapatkan beberapa faedah jika kita membaca shalawat, khususnya di hari Jumat yang mulia. Di dalam Buku Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW yang ditulis oleh M. Kamluddin menyebutkan beberapa faedah bershalawat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bershalawat dapat mempermudah jalan kita ke surga
  2. Bershalawat dapat mendekatkan kita kepada Allah Swt.
  3. Bershalawat dapat menjernihkan hati dan pikiran
  4. Bershalawat dapat mewushulkan diri
  5. Bershalawat dapat menambah kecintaan kita kepada Allah Swt. dan Nabi Muhammad saw.
  6. Bershalawat dapat mencetak suri tauladan Rasulullah saw. dalam diri
  7. Bershalawat dapat mendatangkan Rasulullah saw. dalam mimpi dan juga saat sakaratul maut

Penulis: Athallah Hareldi