Info Harian Laduni: 29 September 2023

 
Info Harian Laduni: 29 September 2023

Laduni.ID, Jakarta - Bertepatan dengan hari Jumat tanggal 29 September ini menjadi momentum bagi kita semua merayakan hari kelahiran KH. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) KH. Ahmad Baha’uddin Nursalim atau biasa disebut dengan panggilan Gus Baha’ lahir pada 29 September 1970 di Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

Gus Baha’ merupakan putra dari seorang ulama pakar Al-Qur’an dan juga pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA yang bernama KH. Nursalim Al-Hafizh dari Narukan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Ayah Gus Baha’ (KH. Nursalim) merupakan murid dari KH. Arwani Al-Hafidz Kudus dan KH. Abdullah Salam Al-Hafidz Kajen Pati, yang nasabnya bersambung kepada para ulama besar.

Dari silsilah keluarga ayah, Gus Baha’ merupakan generasi ke empat ulama-ulama ahli al-Qur'an. Sedangkan dari silsilah keluarga ibu, Gus Baha’ menjadi bagian dari keluarga besar ulama Lasem, dari Bani Mbah Abdurrahman Basyaiban atau Mbah Sambu.

Dan bertepatan dengan tanggal 29 September ini kita juga mengenang kepergian KH. Imam Syuhada’.  

Sebagaimana diketahui, beliau adalah KH. Imam Syuhada’ Abdul Fatah atau yang kerap disapa dengan panggilan KH. Imam Syuhada’ lahir pada 10 Februari 1935 di dusun Canga’an desa Genteng Wetan kecamatan Genteng kabupaten Banyuwangi. Beliau merupakan pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Tamrinatul Wildan.

KH. Imam Syuhada’ merupakan kiai yang tegas terutama ketika mengajar para santrinya. Akan tetapi beliau merupakan sosok kiai yang baik hati dan rendah diri. Ketika mengajar para santrinya beliau mengajar dengan sangat serius. Sehingga santri yang diajar beliau bisa menjadi santri yang pintar terutama dalam bidang agama.

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.