Biografi KH. Umar Bin Harun Sarang

 
Biografi KH. Umar Bin Harun Sarang
Sumber Gambar: Dok. LaduniID

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Karier
4.1       karier Beliau

5.         Chart Silsilah
5.1       Chart Silsilah Sanad

6         Referensi

1 Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
KH. Umar Bin Harun lahir di Sarang pada tahun 1855 M bertepatan dengan tahun 1270 H. Beliau tumbuh dalam bimbingan Syeikh Ghozali. Berkat didikan yang baik, beliau tumbuh menjadi seorang yang berakhlaq mulia.

1.2  Riwayat Keluarga
KH. Umar Bin Harun menikah dua kali, istri pertama beliau adalah pendiri pondok pesantren Sarang, kemudian menikah lagi dan tidak dikaruniai anak.

1.3  Wafat
Beliau wafat pada tahun 1910 M, bertepatan 1328 H setelah menderita sakit jantung yang tidak diketahui bahwa penyakit tersebut menjadi penyebab wafatnya beliau. Pada saat itu beliau berumur kira-kira 55 tahun. Beliau dimakamkan di pemakaman Masyayeikh pesantren Sarang.

2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1   Mengembara Menuntut Ilmu
Masa muda KH. Umar Bin Harun dihabiskan untuk mencari berbagai macam ilmu dari para ulama’ pada masa itu. Beliau selalu berpindah-pindah dari satu pesantren ke pesantren lain, seakan tak rela kalau ada sedikit saja masalah agama yang beliau lewatkan. Oleh karena itu, beliau selalu bekerja keras dan giat belajar demi mendapatkan pengetahuan-pengetahuan agama.

Beliau juga merupakan murid dari salah satu masyayikh di desa Blitung. Lalu pergi ke Sedan untuk belajar kepada seorang kyai yang sangat alim dan terkenal yaitu Syeikh Sirbini dari Karang Asem, Sedan, Rembang. Waktu itu beliau belajar ilmu fiqh, ilmu kalam, nahwu, shorof dan lain-lain sambil melakukan Riyadlot an-Nafsy, mengamalkan wirid-wirid dan asma-asma yang memiliki khasiat tertentu yang mengagumkan. Maka tak mengherankan jika disamping memperdalam ilmu-ilmu agama, beliau adalah orang yang sangat berwibawa, dimana semua kepala tertunduk di hadapannya.

Beliau juga disegani oleh semua orang, sehingga tidak ada seorang pun yang sanggup memandang wajah beliau karena wibawa besar yang beliau miliki. Mengenai hal ini banyak kisah menakjubkan tentang karomah beliau. Setelah itu beliau pergi ke Merak Urak, Tuban untuk lebih memperdalam ilmu agama kepada Syeikh Kafrawi, ayahanda K. Fathurrahman, Menteri Agama pada waktu itu. Beliau belajar disana dalam tempo yang cukup lama. Sebelum K. Kafrawi menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama, beliau adalah orang yang diberi kepercayaan dalam segala bidang ilmu agama.

Kemudian Syeikh Umar pergi ke Langitan, Tuban dan menimba ilmu dari Syeikh Sholeh selama satu tahun, setelah itu beliau berangkat ke Makkah Al-Mukarromah dan bermukim disana selama beberapa tahun yaitu pada akhir abad XIII H atau sekitar tahun 1279 H. Beliau belajar kitab-kitab agama dari para masyayikh dan ulama’ disana. Diantara guru-guru beliau adalah Syeikh Nawawi bin Umar Bantani dan Syeikh Abu Bakar Syatho yang terkenal dengan sebutan “Sayyid Al-Bakry”, lalu pada tahun 1310 H beliau kembali ke tanah air dengan membawa bendera kemenangan dan keberhasilan.

2.2  Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau saat menuntut ilmu, di antaranya:
1. Syeikh Ghozali
2. Syeikh Sirbini
3. Syeikh Kafrawi
4. Syeikh Sholeh
5. Syeikh Nawawi bin Umar Bantani 
6. Syeikh Abu Bakar Syatho

2.3  Mengasuh Pesantren
Setelah beliau kembali ke kampung halamannya, beliau mengajar di salah satu pondok Pesantren Ma’hadul ‘Ulum Asy-Syari’yyah (MUS), Sarang, Rembang. Beliau memegang Pondok Pesantren Sarang pada putaran yang kedua setelah mendapat mandat dari Kyai GOZALI.

3  Penerus Beliau            

3.1  Murid-murid Beliau
Murid-murid beliau adalah para santri di antaranya : saudara-saudara beliau yaitu Kyai Kholil bin Harun pengasuh pondok pesantren Rembang, Kyai Fadhil Bin Harun pengasuh pondok di daerah Rembang, Kyai Sodiq bin Harun Sarang, Kyai Abdul Muhith Bin Kyai Sodiq  Adi pura dan Kyai Baidlowi bin Abdul Aziz Lasem, Kyai Ma’sum Lasem, Kyai Munawar Semarang, Kyai Masyhud Solo, Kyai Munawar Senori, Kyai Muhaimin yang wafat di kota Makkah, Kyai Zuhdi Pekalongan, Kyai Hasbullah Bin Sholeh Langitan, Kyai Abdur Rohman Demak, Kyai Kholil Demak, Kyai Ma’ruf Sugihan Tuban, Kyai Abdis Syukur dan Kyai Abdul Hadi, dan Masyayekh-masyayekh lain dari pondok pesantren terkemuka.

4  Karier      

4.1  Karier Beliau
Karier sesuai dengan keilmuan beliau, posisi karier yang diduduki di antaranya:
Beliau adalah pengasuh Pesantren Ma’hadul ‘Ulum Asy-Syari’yyah (MUS), Sarang

5.   Chart Silsilah

5.1       Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Umar Bin Harun Sarang dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.

6  Referensi 

Biografi KH. Umar Bin Harun Sarang


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 03 Juni 2022, dan terakhir diedit tanggal 12 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya