Info Harian Laduni: 30 September 2023

 
Info Harian Laduni: 30 September 2023

Laduni.ID, Jakarta - Bertepatan dengan hari Jumat tanggal 30 September ini menjadi momentum bagi kita semua merayakan hari kelahiran KH. Abdul Karim Hasyim atau biasa disebut dengan panggilan KH. Abdul Majid. Beliau lahir pada 30 September 1919 di Tebuireng, Jombang.

Beliau merupakan putra ke tujuh dari pasangan Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari  dan Nyai Nafiqoh. Saudara-saudara beliau diantaranya KH. Wahid Hasyim, Hannah, Khairiyah, Aisyah, Azzah, Abdul Wahid, Abdul Hakim (Abdul  Khalik), Abdul Karim, Ubaidillah, Mashurroh, dan Muhammad Yusuf.

Di kalangan pesantren, Kyai Karim terkenal sebagai ahli bahasa dan sastra Arab. Beliau juga produktif menulis dengan nama samaran Akarhanaf, singkatan dari Abdul Karim-Hasyim-Nafisah.

Periode Kyai Karim merupakan masa transisi menuju intregasi sistem salaf dan sistem formal. Inilah tonggak awal dimulainya era pendidikan formal di Pesantren Tebuireng, yang kemudian diikuti oleh sejumlah pondok pesantren lainnya, khususnya di tanah Jawa.

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.