Biogafi KH. Muhammad Najmi Qadir, Pengasuh Pesantren As'ad Jambi

 
Biogafi KH. Muhammad Najmi Qadir, Pengasuh Pesantren As'ad Jambi
Sumber Gambar: Jambi Ekspres, Ilustrasi Laduni.ID

Daftar isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru Beliau

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Menjadi Pengasuh Pesantren
3.2  Terjun ke Politik

4.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Muhammad Nadjmi Qodir lahir pada tanggal pada tanggal 18 agustus 1940 M. beliau merupakan putra dari KH. Abdul Qodir Ibrahim bin KH. Ibrahim bin Syekh Abdul Majid Jambi bin KH.M. Yusuf bin KH. Abid bin KH. Jantan bergelar sri penghulu dan ibu Nyai Hj. Zainab

1.2 Keluarga
KH. Muhammad Najmi Qadir menikah dengan Nyai Hj. Ulya.

1.3 Wafat
KH. Muhammad Nadjmi Qodir wafat karena sakit di RS Baiturrahim Kota Jambi Selasa, 10 Januari 2023 M. Jenazah beliau dimakamkan di pemakaman keluarga Pesantren As'ad Jambi.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Sejak kecil KH. Muhammad Nadjmi Qodir sudah belajar agama dengan orang tuanya terutama ayahnya, lalu dengan guru-guru di lingkungan Pesantren As'ad. Keberanian beliau untuk mendaftar ke sekolah menengah ekonomi pertama negeri Jambi dengan menaiki sampan tanpa di dampingi orang tua demi mencari ilmu setinggi tingginya kendala apapun tidak menjadikan halangan untuk terus berusaha menuntut ilmu.

Setelah menamatkan sekolah menengah ekonomi beliau melanjutkan sekolah menengah atas di Yayasan Sembilan Lurah. Pada kelas 2 pindah ke SMEA 2 Jakarta pada akhir masa pendidikannya beliau kuliah di fakultas ekonomi dan politik Universitas Nasional Jakarta.

2.2 Guru Beliau
KH. Abdul Qodir Ibrahim (ayah).

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Menjadi Pengasuh Pesantren
Setelah menamatkan strata 1 beliau pulang ke Jambi untuk mengabdikan ilmunya yang telah di pelajari selama mengenyam pendidikan. Berawal menjadi seorang pendidik pada tahun 1964 M. di pondok Pesantren As'ad, pada tahun 1968-1976 M. juga mengajar PGA Madrasah Tsanawiyah Islam Negeri dengan mata pelajaran tareh serta Madrasah Aliyah Islam Negeri dengan mata pelajaran tata negara.

Pada tahun 1999 M. beliau memutuskan untuk berhenti mengajar, karena pada saat itu tenaga pengajar muda bermunculan. Beliau pun fokus menjadi Ketua Yayasan Pondok Pesantren As'ad sekaligus mudir pada tahun 1984 M.

3.2 Terjun ke Politik
Ketika diusia muda KH. Muhammad Nadjmi Qodir sudah terjun ke politik diusung oleh partai Nahdatul Ulama yang didirikan oleh KH. Hasyim Asy'ari, dalam perjalanannya beliau pernah di partai PPP, Golkar, dan PKB. Pada tahun 1968 hingga 2009 beliau berkarir sebagai anggota DPRD provinsi dan kota bersama partai PKB.

4. Referensi
Sebrang Kota Jambi

Artikel ini sebelumnya dibuat pada tanggal 30 Oktober 2023, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 10 Januari 2024.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya