Biografi KH. Khotib Umar Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum Jember

 
Biografi KH. Khotib Umar Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum Jember

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mendirikan Pondok Pesantren

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Karier Beliau
4.2  Karya-karya Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Khotib Umar adalah putra kedua dari 5 bersaudara. Beliau lahir pada tahun 1941 M. Ayahanda beliau adalah Kiai Umar, serta ibundanya adalah Ny, Shofiyah.

1.2 Wafat
 KH. Khotib Umar wafat pada hari Ahad 8 Juni 2014 di RS dr. Soebandi Jember sekitar jam 05.00 WIB Sore. Dalam tiga tahun terakhir Kyai Khotib Umar disebut mengalami gangguan pada jantungnya, hingga mengharuskannya keluar masuk rumah sakit.

Wafatnya beliau menyisakan tangis duka yang mendalam kepada santri, masyarakat dan tokoh-tokoh besar NU yang turut menghadiri pemakamannya. Sosok yang patut jadi cermin dalam membesarkan dan menuangkan dakwah Aswaja kepada santri dan masyarakat nahdliyin dengan ikhlas dan tegas yang sejarah kebesaranya tetap terkenang hingga sekarang.

1.3 Riwayat Keluarga
KH. Khotib Umar menikah dengan Ny. Khodijah yang melahirkan 2 penerus beliau yaitu Ny. Mawadah dan Lr. Izzat Umar.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.2 Guru-Guru Beliau

  1. KH. Umar
  2. Kiai Arif

2.3 Mendirikan Pondok Pesantren
KH. Khotib Umar mulai memegang estafet kepemimpinan di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum semenjak wafatnya Kiai Umar di penghujung tahun 1982. 22 tahun Beliau memangku tongkat pengasuh pesantren hingga 2014. Mendidik santri dan berdakwah di hadapan masyarkat adalah kecintaan beliau dalam menyebarkan barakah keilmuan, beliau sangat menekankan pembelajaran salaf kepada seluruh santri dan selalu mengahdiri undangan masyarakat sebagai mubaligh selama tidak dihalangi oleh udzur.

3. Penerus Beliau

3.1 Anak Beliau

  1. Ny. Mawadah
  2. Lr. Izzat Umar

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

Selain sebagai pengasuh beliau kerap dikenal sebagai tokoh yang akrab dan disegani oleh pembesar PBNU, terlebih oleh mantan ketua PBNU seperti KH. Said Aqil Sirroj dan President RI ke-4; KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Beberapa pembesar Nahdlatul Ulama pernah tertangkap akrab dengan sosok Kyai Khotib Umar. Mantan ketua PBNU; KH. Said Aqil dan Gus Dur sangat menghormati beliau. Diketahui, KH. Said Aqil Siroj 3 kali sowan langsung ke beliau, bahkan Gus Dur tidak akan meninggalkan untuk berjumpa dengan Kyai Khotib Umar saat berkunjung ke Jember, beberapa kali nampak mantan Presiden ke-4 tersebut mampir ke kediaman Kyai Khotib Umar di jantung pesantren.

Semua itu tersebut nampak tegas di kepribadian Kyai Khotib Umar. Beliau dihormati, bewibawa dan tegas dalam masalah agama, terlebih mengibarkan dakwah NU.

4.1 Karier Beliau

Karier Profesional
Pengasuh pesantren
Karier Organisasi
Kiai Khotib Umar dikenal sebagai tokoh nahdliyin di pandangan masyarakat. Di usia remaja beliau telah aktif mengeluti serta mengurus NU, membantu Kiai Umat. Di umur 20 tahun saja, cucu Kiai Syukri tersebut dicatat aktif dalam mengikuti dan membesarkan NU baik  tingkat MWC sampai PCNU Jember. Beliau pernah menjadi Muhtasyar PBNU sekaligus sosok kiai yang menjadi tempat rujukan bagi Gus Dur.

5. Referensi

https://www.astranawa.com/kh-khotib-umar-kiai-karismatik-dan-guru-nya-presiden-ke-4-ri.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya