Biografi KH. Husain Rifa’i Pendiri Pesantren Jabal Noer Sidoarjo

 
Biografi KH. Husain Rifa’i Pendiri Pesantren Jabal Noer Sidoarjo

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mendirikan Pondok Pesantren

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Karier Beliau
4.2  Karya-karya Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Husain Rifa’i merupakan pendiri pondok pesantren Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo. Nama lengakap beliau adalah KH. Husain Rifa'i Hamzah, namun beliau lebih dikenal dengan sebutan  KH. Husain Rifa'i, beliau putra dari Hj. Asna dan H. Rifa’i, lahir di kota Sidoarjo pada 1 januari 1950 di Desa Ngelom Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. KH Husen Rifa’i dibesarkan dilingkungan keluarga yang sangat kental dengan suasana keagamaannya. Kedua orang tuanya ingin mempunyai putra yang dapat menguasai ilmu agama, oleh karena itu riwayat pendidikan KH. Husain Rifa’i selalu berlatar belakang Islami.

1.2 Wafat
KH. Husein Rifai wafat pada hari Ahad, 11 September 2022. KH. Husain Rifai dikebumikan pada Ahad pagi pukul 08.00 WIB di kompleks pemakaman pesantren Jabal Noer Sidoarjo.

1.3 Riwayat Keluarga
Pada tahun 1972 KH. Husain Rifa’i menikah dengan Almarhum Hj. Suti’ah dan memiliki lima putra. Saat ini KH. Husain Rifa’i menikah lagi dengan Ibu Nyai Hj.  Zulfa Rusdiana putri dari seorang Kyai besar yaitu KH. Khozin, pendiri dan pengasuh ponpes Mambaul Hikam yang terletak di daerah Putat Tanggulanggin. Anak pertama beliau bernama Lina, kemudian Suryaman Hidayat, Mirza, Ardi dan Alfi Syahria.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.2 Guru-Guru Beliau

  1. KH. Musta’in Romly

2.3 Mendirikan Pondok Pesantren
Beliau mempunyai inisiatif untuk membangun tempat mengaji untuk  masyarakat sekitar karena beliau melihat pada saat itu masyarakat sekitar banyak yang kurang dan tidak begitu mengerti tentang ajaran agama.

Kemudian beliau membangun pondok pesanten atas dukungan keluarga bani H. Rifa’i dan diberi nama pondok pesantren Jabal Noer. KH. Husain Rifa’i mulai membangun Pondok Pesantren Jabal Noer diatas lahan kosong peninggalan kakek beliau H. Abah Sulaiman Al-Barjanji seluas kurang lebih 2000 M, yang kemudian hari bertambah kurang  lebih 1000 M. Dengan membeli tanah kosong tepat disebelah kanan bangunan pondok pesantren.

Kini pondok pesantren Jabal Noer telah berdiri dengan megah ditengah-tengah pemukiman penduduk yang cukup padat, disebuah desa  yang subur, sumber airnya melimpah, penduduknya ramah, itulah Desa Geluran Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo dan alhamdullillah masih jauh dari pusat semburan lumpur lapindo atau 25 km dari semburan lumpur yang telah menenggelamkan beberapa desa yang berada disekitarnya.

3. Penerus Beliau

3.1 Anak Beliau
Anak beliau yang kelak menjadi penerus beliau :

  1. Lina
  2. Suryaman Hidayat
  3. Mirza
  4. Ardi 
  5. Alfi Syahria.

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Karier Beliau

Karier Profesional
Pengasuh pesantren Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo

Karier Organisasi
Sesepuh Jamiyyatul Qurra wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQH NU).

4.2 Karya-karya Beliau
Karya yang dihasilkan beliau saat menjadi kiai, beliau menulis buku tentang:

  1. Potret Anak Butisme
  2. Bermandikan Cahaya Iman
  3. Virus-virus Rohani
  4. Generasi Tahun Bantingan

5. Referensi

https://docplayer.info/169323941-Bab-ii-sejarah-berdirinya-pondok-pesantren-jabal-noer-a-latar-belakang-berdirinya-pondok-pesantren-jabal-noer.html
https://shafta.sch.id/innalillahi-kh-m-husain-rifai-meninggal-dunia/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya