Info Harian Laduni: 02 Januari 2024

 
Info Harian Laduni: 02 Januari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Selasa, 02 Januari 2024 bertepatan dengan hari wafat KH. Mohammad Najib dan KH. Khozin Yahya.

KH. Mohammad Najib
KH. Mohammad Najib atau yang akrab dipanggil Gus Najib lahir di Banjarnegara. Beliau merupakan putra dari KH. Hasyim Hasan Fatah. Dan Gus Najib wafat dalam usia 51 tahun atau tepatnya pada Hari Selasa, 2 Januari 2018 pukul 17.00 WIB di rumah duka Jl. S. Parman, Km 3, Komplek Pesantren Al-Fatah, Parakancanggah, Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Semasa muda beliau belajar ilmu hikmah kepada KH. Hamzah yang sekaligus kakek dan menantu dari KH. Abdul Fatah dari putri pertamanya, Hj Umu Kultsum. beliau menuntut ilmu kajian kitab Sulam At-Taufiq, Al-Taqrib, Daqoiq Al-Akhbar, Al-'Usfurriyah, Qothru Al-Ghois sampai Tafsir Jalalain pada KH. Ahmad Dailimi. 

Dalam perjalananya menuntut ilmu, beliau juga berguru kepada paman dari ibunya, di Lasem. KH. Ahmadi adalah guru ilmu tata bahasa arab, ilmu Nahwu. Kemudian kepada KH. Muhammad Azizi yang juga pamannya, dirinya belajar shorof dan Nashoih Al- 'Ibad. 

Gus Najib juga belajar banyak dari seorang kyai dari Yogyakarta. KH. Ali Maksum, Krapyak adalah salah seorang guru beliau dalam belajar shorof selama 5 hari. Ketika mengaji di Jember, Gus Najib menuntut ilmu kepada KH. Ahmad Shiddiq. beliau mengaji kitab tasawuf Riyadh As-Sholihin, Al-Siyasah As-Sar'iyah. 

Setelah ayahnya meninggal, beliau meneruskan perjuangan untuk mengurus dan membimbing jamaah sebagai Mursyid Thariqah An-Naqsabandiyah Al-Khalidiyah.

Pondok Pesantren Al-Fatah Banjarnegara pertama kali didirikan oleh KH. Abdul Fatah, kakek buyut Gus Najib, beliau mengasuh mulai 1860-1941 M. Setelah kakek buyutnya wafat, kemudian dilanjutkan oleh kakeknya, KH. Hasan Fatah 1941-1991 M. Lalu diteruskan oleh ayahndanya KH. Hasyim Hasan Fatah yang memimpin pesantren sejak 1990-2013 M. Dan terkahir estafet kepemimpinan pesantren tersebut sampai kepada Gus Najib. Beliau memimpin Pesanten Al-Fatah dari 2013 hingga 2018 M.

KH. Najib yang kokoh dengan metode pendekatan pendidikan salaf, yaitu identik dengan penyampaian ceplas-ceplos (blak-blakan) untuk pendidikan akidah. Pendekatan pendidikan yang beliau terapkan dan sampaikan cenderung apa adanya. Hal ini dinilai baik dari sisi pendidikan karakter, sehingga akar kesantrian juga akidah akan kokoh dan tertanam sampai murid usai belajar di pesantren.

KH. Najib, adalah sosok yang membanggakan keluarga dan daerahnya, Banjarnegara. Beliau dikenal masyarakat tidak hanya sebagai kyai, akan tetapi juga sebagai politisi, pebisnis, dan seniman. Beliau juga merupakan sosok tegas, keras, penyayang, dermawan. Beliau pemimpin dan pengayom masyarakat kalangan bawah. beliau membawa kesan tersendiri di hati para sahabat, keluarga, dan masyarakat Banjarnegara. 

Simak biografi selengkapnya di: KH. Mohammad Najib
Simak Chart Silsilah Sanad Guru KH. Mohammad Najib

KH. Khozin Yahya

KH. Khozin Yahya lahir pada malam Kamis, (jam 2) 16 Jumada Akhir 1358 H / 02 Agustus 1939 M. di Ganjaran, Gondanglegi, Malang, (di rumah KH. Bukhari yang saat ini ditempati oleh KH. Mujtaba Bukhari). Beliau merupakan putra pertama pasangan KH. Yahya Syabrowi dan Nyai Hj. Mamnunah Bukhari. Dan pada tanggal 27 Ramadlan 1420 H / 2 Januari 2000 M, KH. Khozin Yahya wafat setelah mengalami beberapa penyakit komplikasi. Beliau dimakamkan di area selatan Masjid Ganjaran, berdekatan dengan makam Ayahandanya KH. Yahya Syabrowi dan Kakeknya KH. Bukhari.

KH. Khozin Yahya menikah dengan Nyai Maftuhah pada tahun 1968 M. Nyai Maftuhah merupakan kerabat KH. Yahya Syabrowi. Kakek Nyai Hj Maftuhah, KH. Syihabuddin, adalah saudara sepupu KH. Yahya Syabrawi. Pada awalnya Nyai Maftuhah menjadi santri di Ganjaran, kemudian dibiayai oleh KH. Yahya Syabrowi untuk melanjutkan pendidikan di Pesantren Darul Ulum Jombang sejak tahun 1965 M.

Semasa remaja, beliau dititipkan oleh KH. Yahya Syabrowi di PP. Darul Ulum Peterongan Jombang, di bawah asuhan KH. Ramli Tamim, Mursyid Thariqah Naqsyabandiyah terkenal masa itu. Di pesantren ini beliau 'nyantri' bersama paman-paman beliau antara lain KH. Ismail Bukhari, KH. Qasim Bukhari, KH. Mujtaba Bukhari, juga adik ipar beliau, KH. Mursyid Alifi. Saat menjadi santri di Peterongan ini beliau memiliki beberapa sahabat yang kemudian kelak menjadi tokoh besar, di antaranya adalah KH. Wahid Zaini, Pengasuh kedua PP Nurul Jadid, Paiton Probolinggo.

Setelah tamat dari Darul Ulum Jombang, beliau bertabaruk menjadi santri di Lasem, Rembang. di Pesantren ini beliau secara khusus mengaji bacaan Al-Qur’an kepada KH. Baidlowi. Ketika di Peterongan membuka Universitas Darul Ulum (UNDAR), beliau kembali ke Peterongan dan berkuliah mengikuti program sarjana muda.

Pada tahun 1987 M, pendiri PP. Raudlatul Ulum 1 KH. Yahya Syabrowi wafat. Sebelum Jenazah diberangkatkan ke maqbarah, Sayyid Alwi Al-Idrus, mengumumkan kepada para hadirin bahwa penerus di PP. Raudlatul Ulum 1 adalah KH. Khozin Yahya. Sejak saat itu, KH. Khozin Yahya menghabiskan waktunya di PP. Raudlatul Ulum 1. Beberapa kegiatan mengajarnya di sekolah Raudlatul Ulum mulai dikurangi.

Simak biografi lengkapnya di: Biografi KH. Khozin Yahya
Simak Chart Silsilah Sanad KH. Khozin Yahya

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.