Info Harian Laduni.ID: 13 Januari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 13 Januari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Sabtu, 13 Januari 2024 bertepatan dengan hari wafat KH. Hasan Musthafa Garut

KH. Hasan Musthafa Garut

KH. Hasan Musthafa adalah seorang ulama dan pujangga islam yang banyak menulis masalah agama dan tasawuf dalam bentuk (puisi yang berirama dalam bahasa sunda), Beliau juga pernah menjadi kepala penghulu di Aceh pada zaman Hindia Belanda.

KH. Hasan Musthafa lahir di Garut Jawa Barat pada Tahun 1286 H / 3 Juni 1852 M. Beliau terlahir dalam lingkungan menak, bangsawan Sunda, tetapi berorientasi pada pesantren. Dan KH. Hasan Musthafa wafat di Bandung pada 1348 H atau 13 Januari 1930 M.

Pendidikan pertama beliau belajar mengaji dari orang tuanya sendiri, kemudian belajar qira'ah, membaca Al Qur’an dengan baik dari KH. Hasan Basri seorang ulama dari Kiarakoneng, Garut dan dari seorang Qori yang masih berkerabat dengan ibunya.

Ketika berusia delapan tahun beliau dibawa Ayahnya menunaikan ibadah Haji, di Makkah beliau bermukim selama setahun dan belajar bahaas arab dan membaca Al-Qur’an.

Aliran mengeniai Tasawauf yang dianut dan diajarkannya kepada muridnya tidak diketahui dengan pasti, akan tetapi beberapa orang menyebutkan bahwa beliau menganut aliran Syattariyah, suatu thariqat yang berasal dari india, yang didirikan Syekh Abdullah Asy-Syattar, yang dikembangkan pertama kali di Indonesia Oleh Syekh Abdul Rauf Singkel, dan menyebar ke Jawa Barat peranan Syekh Abdul Muhyi Pamijatan, salah seorang murid Syekh Abdul Rauf Singkel. Dalam karyanya beliau sering menyebut nama Al-Ghazali sebagai Sufi yang dikaguminya.

Simak biografi selengkapnya di: KH. Hasan Musthafa Garut
Simak Chart Silsilah Sanad Guru KH. Hasan Musthafa Garut