Biografi KH. Munawwar As’ad, Pendiri Pesantren Mansya'ul Huda Tuban

 
Biografi KH. Munawwar As’ad, Pendiri Pesantren Mansya'ul Huda Tuban

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Mendirikan Pondok Pesantren
4.2  Karier Beliau
4.3  Karya-karya Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Munawwar As’ad, dilahirkan di desa Laju Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban pada tahun 1888M. Ayahnya bernama KH. As’ad dan ibu kandungnya bernama Hj. Akhimah. Ayahnya seorang tokoh agama yang disegani khususnya di desa Laju Singgahan Tuban. Karena itu tidak mengherankan dengan adanya Sebagai salah satu putra dari pemuka agama di desa Laju pada saat itu, sudah sewajarnya bila Munawwar mendapatkan pendidikan agama yang intensif dalam lingkungan keluarganya sebagai pondasi bagi pengembangan ilmu pengetahuan pada masa-masa selanjutnya.

1.2 Wafat
KH. Munawwar wafat pada tahun 1972 M

1.3 Riwayat Keluarga
Setelah lulus dari pesantren Zamsaren Solo,beliau langsung pulang ke kampung halaman dan dinikahkan dengan seorang putri kyai terkaya di daerah Senori yang benama KH. Nur Syahid, dari pernikahan itu dianugerahi beberapa anak sholeh.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Disamping belajar di bangku sekolah umum, sebagaimana layaknya anak desa, juga belajar ngaji (ilmu ngaji) di Masjid. Yang merupakan salah satu tempat dimana para anak-anak desa juga memperoleh ilmu-ilmu agama Islam. Pendidikan ini berjalan sampai ia tamat di bangku Sekolah Rakyat, setelah tamat dari SR beliau melanjutkan pendidikan ke pesantren di daerah Sarang Rembang Jawa Tengah selama 10 tahun, di pesantren MUS beliau memperdalam ilmu agama Islam kepada KH. Umar. Dipondok pesantren ini juga beliau mempelajari berbagai macam kitab klasik, diantaranya ilmu Nahwu, Sharaf, ilmu Hadist dan ilmu-ilmu agama Islam lainnya.

Selama menuntut ilmu di pesantren tersebut Munawwar pernah menjadi ketua pondok serta pengurus pondok pesantren tersebut dengan cukup lama dan sosok guru yang menjadi panutan serta yang dikaguminya adalah KH. Umar. Selama dalam menuntut ilmu Munawwar As’ad (sapaan akrab beliau) sering bertirakat, karena beliau dapat pesan dari kedua orang tuanya bahwa kalau menuntut ilmu harus di iringi dengan bertirakat agar berhasil dan mendapat barakah dari ilmu itu untuk masyarakat.

Untuk itu Munawwar As’ad selalu mengingat tentang pesan dari orang tuanya itu, apabila dikasih uang saku lebih penting digunakan untuk kepentingan sekolahnya dari pada perutnya, karena uangnya pada saat itu sangat minim. Setelah lulus dari pesantren Sarang beliau meneruskan ke kota Solo, tepatnya di pesantren Zamsaren selama kurang lebih 2 tahun.

2.2 Guru-Guru Beliau

  1. KH. As’ad
  2. KH. Umar Rembang

3. Penerus Beliau

3.1 Anak Beliau

  1. KH. Abdul Ghofur
  2. KH. Muhammad Muhyiddin

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Mendirikan Pondok Pesantren
Pondok Pesantren Mansyaul Huda sebenarnya sudah berdiri sejaktahun 1920-an, pada waktu itu pengasuhnya bernama KH. Nur Syahid (mertua beliau), bangunan pondoknya pun pada waktu itu masih berupa rikat( langgar) yang sering disebut langgar glinding ( jawa), santri yang datang pada waktu itu dari desa-desa disekitar wilayah kecamatan Senori.

Pada tahun 1927 keberadaan pesantren ini diteruskan dan dikembangkan hingga menjadi sebuah pesantren yang diberi nama “Mansyaul Huda” yang artinya “tempat munculnya petunjuk” yang didirikan oleh kyai karismatik yaitu menantu KH. Nur Syahid yang bernama KH. Munawwar As’ad serta dibantu oleh kerabat beliau seperti kiai Abdur Rohman, kiai mu’ti dan kiai Abdul Manan.

Pandangannya dalam kepesantrenan di wilayah ini sangatlah penting, karena berkat perjuangan dan keikhlasan KH. Munawwar As’ad ini, nama Senori menjadi terkenal dimana-mana dengan sebutan kota santri. Sehingga banyak santri dari segala penjuru yang berbondong-bondong belajar ilmu agama Islam.

Santri yang datang pada waktu itu hampir dari seluruh penjuru daerah, antara lain dari Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Surabaya, Rembang, Pati, Jogjakarta dan daerah lain termasuk luar Jawa seperti Kalimantan , Sumatera, Samarinda, Bali dan lainnya. Karena banyaknya santri yang datang dari jauh, maka pesantren yang semula hanya berupa langgar glinding ini berkembang seiring dengan dibangunnya kamar-kamar yang juga berupa langgar glinding untuk tempat menginap para santri yang menginginkan mukim atau bertempat tingal di pesantren ini.

Pada masa itu kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada waktu sehabis sholat Magrib, Isya’ dan subuh, karena pada siang harinya kebanyakan para santri harus berkhidmat, bekerja di sawah, dan membantu pekerjaan masyarakat di sekitar pondok pesantren. Karena kebanyakan dari mereka datang tanpa membawa modal, sehingga dengan semangat yang tinggi mau berusaha keras untuk tetap bisa nyantri/mondok dengan modal sendiri, dengan cara mengabdi kepada kiai dan masyarakat di sekitar pondok pesantren yang bisa dikatakan orang mampu (kaya).

Kebiasaan tersebut berjalan kurang lebih sekitar 20 tahunan dikarenakan belum ada pendidikan formal di Wilayah tersebut. Oleh karena itu, banyak santri yang datang dari jauh untuk pergi ketempat ini, agar mendapat kesempatan bekerja sambil menimba Ilmu agama Islam tanpa harus meminta biaya kepada orang tua.

Karena pada saat itu KH. Munawwar As’ad adalah salah satunya ulama yang menguasai berbagai disiplin ilmu agama, maka banyak kitab-kitab besar yang ia kaji bersama para santri. Meliputi bidang tasawwuf, fiqih dan nahwu, tauhid, falaq dan lainnya. Tak banyak dari muridnya yang telah keluar dari pondok pesantren ini menjadi seorang kiai seperti KH. Marzuqi yang telah keluar dari menuntut ilmu agama Islam di pondok beliau menjadi seorang kiai di desanya

4.2 Karier Beliau

Karier Profesional
1. Pengasuh pondok pesantren putra Mansyaul Huda Sendang Senori Tuban mulai tahun 1927 sampai 1972. Sekaligus pendirinya.
2. Beliau diangkat pernah menjadi penasehat dan mengajar di sebuah yayasan Sunnatunnur mulai tahun 1924 sampai 1970, yayasan tersebut didirikan pada tahun 1926 oleh saudara iparnya yang bernama KH Masyhuri.

Karier Organisasi
Menjadi pimpinan cabang NU diSenori selama satu periode pada tahun 1968

5. Referensi

https://digilib.uinsa.ac.id
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                       
                       
                       
                       
                       
                       
                       

                       
                       
                       

                        

                  

               
                       

                  

 

                         

 

                       

             

                       

               

                         

             

                         

             

                         

     

                     

             

 

 

                         

 

                     

                     

                   

                     

               

               

                            

                 

                     

                            

              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya