Pesantren Ashhabul Yamin, Bakongan, Aceh Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Ashhabul Yamin, Bakongan, Aceh Selatan

Profil
Pesantren Ashhabul Yamin pertama kali dibangun oleh Syekh H. Abu Adnan Mahmud atau juga dikenal sebagai Nek Abu Bakongan pada tahun 1937 di Kecamatan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. Pada masa itu, keadaan dan fasilitas Pesantren Ashhabul Yamin masih sangat sederhana.

Pada tahun 1969 Syekh H. Abu Adnan Mahmud atau Nek Abu Bakongan mulai mendirikan Yayasan Pendidikan Islam di atas lahan seluas 2 Ha yang terletak di tengah Desa Keude Bakongan. Dengan mengadakan kegiatan bidang pertanian dan mendapat bantuan dari masyarakat sekitar, serta bantuan dari pemerintah daerah dan pusat, sehingga lembaga pendidikan tersebut resmi berdiri yang diberi nama Yayasan Tgk. Chik Diribee Chik Ashhabul Yamin Bakongan-Trumon.

Peresmian Pesantren dilaksanakan pada tahun 1971 bersama pemerintah daerah serta dihadiri oleh berbagai unsur tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan berbagai elemen lainnya. Dengan begitu mulai banyak berdatangan para santri yang mondok, dan kunjungan para tamu dari pemerintahan maupun swasta.

Tahun 2011 Syekh H. Abu Adnan Mahmud wafat, selanjutnya Pesantren Ashhabul Yamin dipimpin oleh anaknya yang bernama Teungku H. Baidhawi Adnan atau yang dikenal dengan Abati. Abati merupakan salah satu anggota Majelis Permusyawaratan Ulama atau MPU Kabupaten Aceh Selatan dan juga anggota Organisasi Mursyid Thariqoh Muktabarah An-Naqisyabandiyah Al-Aliyah Al-Khalidiyah.

Thariqoh ini mengutamakan pada pemahaman hakikat dan tasawuf yang mengandung unsur-unsur pemahaman rohani yang spesifik. Thariqoh ini mengikuti syari’at secara ketat, keseriusan dalam beribadah dan lebih mengutamakan dzikir.

Abati juga ikut bergabung dalam memperjuangkan perdamaian Aceh yang bergolak selama terjadinya krisis kepercayaan antara rakyat Aceh dengan Pemerintah Pusat. Abati tidak pernah jenuh dalam memberikan penyuluhan dan petunjuk kepada orang-orang yang membutuhkan siraman rohani demi untuk kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hingga saat ini walaupun usianya sudah lanjut, Abati masih aktif dalam berbagai bidang terutama di bidang keagamaan dan juga bidang pemerintahan.

Pesantren Ashhabul Yamin di bawah pimpinan Abati dan di bawah naungan Yayasan Chik Diribee Chik dalam proses menjalankan setiap kegiatan selalu mengadakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dan tetap memberikan kesempatan pada siapapun yang punya kemampuan dan kemauan, serta punya keahlian dalam manajemen kepemimpinan dayah. Hal ini merupakan satu tujuan demi tidak tersendatnya program pendidikan dan supaya untuk terwujudnya proses pendidikan yang berhasil.

1. Visi
Visi dari Pesantren Ashhabul Yamin yaitu: Mempertahankan Islam dalam bingkai Ahlussunnah Waljama’ah dan bermazhab Imam Syafi’i.

2. Misi
Misi dari Pesantren Ashhabul Yamin antara lain:
a. Menghasilkan lulusan mahasantri yang memiliki keunggulan kompetitif dalam ilmu agama.
b. Melakukan reintegrasi ilmu-ilmu keislaman.
c. Mengembangkan ilmu keislaman melalui kegiatan penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat.
d. Memberikan kontribusi kualitas hidup berbangsa dan bernegara terutama dalam upaya mengembangkan wawasan keislaman yang baik, menyejukkan, menciptakan kedamaian yang abadi di tengah masyarakat serta membawa rahmatan lil’alamin.

Pendiri
Syekh H. Abu Adnan Mahmud (Nek Abu Bakongan)

Pengasuh
1. Syekh H. Abu Adnan Mahmud (Nek Abu Bakongan)
2. Teungku H. Baidhawi Adnan (Abati)

Unit Pendidikan
1. SD Ashhabul Yamin
2. MTS Ashhabul Yamin
3. MAS Ashhabul Yamin
4. Madrasah Diniyah Ashhabul Yamin

Ekstrakurikuler
1. Pengajian Kitab Kuning dan Al-Qur’an
2. Suluk
3. Tawajjuh
4. Wirid Al-Qur’an
5. Pengajian umum
6. Muhazarah
7. Penyambutan hari besar Islam

Fasilitas
1. Ruang belajar atau Balai 8 unit
2. Asrama santri 44 unit
3. Mushalla 1 unit
4. Dapur umum 1 unit
5. Ruang baca atau Perpustakaan 1 unit
6. Kamar mandi atau Toilet 10 unit
7. Ruang koperasi 1 unit
8. Perumahan Guru 2 unit
9. Ruang Pimpinan 1 unit
10. Aula 1 unit

Alamat
Jl. Tgk Chik Diribee Chik, Keude Bakongan, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Naggroe Aceh Darussalam.
Kode pos: 23773

Kontak
Facebook: Pesantren Ashhabul Yamin Bakongan
Instagram: @ashhabul_yamin_bakongan
 

Sumber:
Peran Syekh H. Abu Adnan Mahmud dalam menyebarkan dakwah islamiyah

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya