Pesantren Daarul Ahsan Tangerang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Daarul Ahsan Tangerang

PROFIL

Pondok pesantren Daarul Ahsan didirikan pada tanggal, 15 Juli 1999, terletak di desa Dangdeur, kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Pondok pesantren yang didirikan oleh KH. Madtosi dan KH. Maman Lukman Hakim, MA. Pondok ini diresmikan oleh Abuya KH. Damanhuri (Pandeglang), Abuya KH. Bustomi (pandeglang), Abuya KH. Ahmad Romli (Dangdeur) dan hadir pula pada saat peresmian H. Rhoma Irama dan Qori Internasional. Ustadz H. Nanang Kosim.

Pondok Pesantren Daarul Ahsan merupakan lembaga pendidikan Islam yang didirikan oleh KH. Maman Lukman Hakim yang tidak lepas dari dukungan keluarga dan Bapak H. Madtosi selaku Ayah mertua beliau. Terletak di Desa Dangdeur, yang mana desa Dangdeur pada saat itu merupakan salah satu daerah terpencil di kecamatan Balaraja, daerah yang masih terlihat asri dengan pemandangan hutan belantara

Tahun 1997 merupakan tahun bersejarah bagi pendiri pondok Daarul Ahsan, karena pada tahun itu diselenggarakannya wisuda angkatan pertama siswa/siswa Taman Kanak-kanak (TK) Ulul Albab (Nama TK pertama), yang kemudian berganti nama menjadi Raudhatul Atfhal (RA) Daarul Ahsan. RA Daarul Ahsan lebih dahulu berdiri dari pada berdirinya pondok Daarul Ahsan itu sendiri, bisa dikatakan bahwa RA Daarul Ahsan adalah langkah awal terbangunnya sebuah pondok Daarul Ahsan yang telah dikenal saat ini.

Pada tahun ini, dilaksanakannya prosesi wisuda RA Daarul Ahsan yang pertama kalinya, sekaligus peresmian jenjang pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyah (Mts) Daarul Ahsan yang akan dibuka pada tahun selanjutnya. Untuk mengenalkan kepada masyarakat secara luas bahwa di sebuah desa terpencil itu terdapat sebuah lembaga taman kanak-kanak (TK) atau RA Daarul Ahsan, yang mana pada masa itu, di kecamatan Balajara (sebelum pemekaran wilayah) khususnya di wilayah Jayanti, hanya ada dua lembaga pendidikan TK, yaitu Taman Kanak-Kanak (TK) Jayanti dan RA Daarul Ahsan.

Terobosan baru yang beliau lakukan adalah dengan mengundang seorang penceramah termasyhur pada masa itu, yaitu Ust. Harry Moekti, beliau seorang da’i yang rupawan, dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena beliau adalah seorang artis musikus layar kaca yang mendapat hidayah dan memilih untuk hijrah menjadi seorang pendakwah.

Atas kerja keras dan perjuangan KH. Maman, melalui jaringan yang beliau miliki, maka beliau pun mendapatkan kontak Ust. Harry Moekti dan menghubunginya untuk memberikan tausyiah di acara Wisuda perdana RA Daarul Ahsan, Ust. Harry Moekti pun menyetujui dan memenuhi undangan tersebut dan beliau memenuhi undangannya tanpa meminta bayaran. Sebuah hasil perjuangan yang memuaskan bagi KH. Maman pada saat itu, sebab mampu menghadirkan penceramah termasyhur secara gratis karena keihlasannya dalam berdakwah.

Mendengar kabar bahwa penceramah pada acara pelepasan siswa/siswa RA Daarul Ahsan yang pertama kalinya akan dihadiri oleh seorang Da’i Kondang yang terkenal, maka masyarakat berbondong-bondong dari berbagai daerah untuk menghadiri dan ikut memeriahkan pelaksanaan wisuda RA Daarul Ahsan angkatan pertama itu.

Prosesi wisuda RA Daarul Ahsan berjalan dengan lancar, bahkan pengukuhan dan prosesi wisuda siswa/siswi RA Daarul Ahsan dipandu langsung oleh Abuya KH. Ahmad Romli, yang mana beliau adalah Ulama sepuh dan tokoh karismatik yang dimiliki masyarakat Dangdeur. Atas anugerag Allah serta langkah dan inisiatif yang diambil oleh KH. Maman dalam memeriahkan pelaksanaan wisuda RA Daarul Ahsan yang perdana itu, maka RA Daarul Ahsan dikenal oleh masyarakat dari berbagai daerah dan menjadi titik balik kemajuan yang pesat bagi lembaga RA Daarul Ahsan.

Setelah dikenalnya RA Daarul Ahsan di Desa Dangdeur, kemudian hadirnya kabar dilematis yang menimpa kepada beliau, bahwa ruang belajar RA Daarul Ahsan yang semula menggunakan ruangan bidan sebagai sarana kesehatan yang dilimiki oleh kantor desa, yang mana awalnya tidak digunakan dan pada saat itu akan digunakan kembali. Solusi yang diberikan oleh kepala Desa pada saat itu yaitu berupa saran segera memindahkan lokasi RA Daarul Ahsan ke lokasi yang lebih layak tanpa memberikan bantuan solusi berupa fisik.

Kemudian beliau meminta saran dan solusi terbaik atas kelanjutan RA Daarul Ahsan yang telah dibangun kepada ibunda tercinta, maka ibunda KH. Maman pun memberikan saran untuk meminta bantuan dan solusi kepada bapak H. Madtosi, karena KH. Maman adalah sepupu dari Bapak H. Madtosi, yang mana pada saat itu Bapak H. Madtosi belum menjadi ayah mertua beliau. Diskusi panjang pun terjalin dan problematika yang menimpa RA Daarul Ahsan semuanya dicurahkan di hadapan bapak H.Madtosi.

Sehingga solusi yang diberikan bapak H. Madtosi adalah dengan membangunkan sebuah gedung megah berlantai dua tepat berada di depan kantor desa Dangdeur. Rasa takjud sekaligus kekhawatiran yang tercampur di dalam hati KH. Maman, karena tergantikannya sebuah ruang kelas RA Daarul Ahsan dari yang semula sederhana, menjadi ruang kelas yang megah luar biasa, bahkan solusi yang diberikan oleh bapak H. Madtosi kepada KH. Maman itu sangat jauh di luar ekspektasi beliau.

Di masa transisi perjuangan beliau dalam memimpin RA Daarul Ahsan, cobaan dan ujian perjuangan datang mengguncangkan hati beliau, mulai dari hadirnya sebuah tawaran yang primadona dari seorang jaksa agung, yang mendorong beliau untuk menjadi seorang hakim di pengadilan Negeri, memberikan jaminan masa depan beliau dan berbagai fasilitas kehidupan yang menggiurkan yang dijanjikan oleh seorang jaksa agung jika beliau menerima tawarannya. Jaksa agung memberikan semua tawarannya kepada beliau, karena rasa kepercayaannya terhadap KH. Maman, karena beliau secara konsisten dan tekun mendidik putra kandung seorang jaksa agung dan memberikan semua integritasnya sebagai guru privat yang fokus dalam membina anaknya.

Maka dari situlah muncul sebuah kepercayaan, karena seorang jaksa tersebut dikenal sebagai orang yang objektif, sangat berhati-hati dalam memberikan kepercayaan, bahkan saudara beliau sendiri yang sering meminta bantuan agar dapat bekerja di kantor beliau dan menginginkan sekali untuk menjadi seorang hakim, tidak pernah ia kabulkan. Sebaliknya dengan KH. Maman Lukman Hakim yang tidak pernah meminta sebuah jabatan, akan tetapi secara Cuma-Cuma ia tawarkan kepada beliau.

Tawaran dan jaminan yang diberikan oleh seorang ketua pengadilan agama tersebut tidak langsung diterima oleh beliau, melainkan beliau meminta saran dan persetujuan kepada ibunda beliau terkait tawaran yang telah diberikan oleh seorang ketua pengadilan agama jakarta. Orangtua mana yang tidak bahagia dan mendukung anaknya untuk melanjutkan karir sesuai dengan bidangnya dan bekerja di sebuah kantor ternama, akan tetapi berbeda dengan ibunda beliau, yang dengan tegas tidak memberikan restu kepada putranya untuk menerima tawaran menggiurkan yang dapat menjamin hidupnya mapan dengan masa depan yang jelas, melainkan ibunda beliau tetap mendukung dan mendorong beliau untuk istiqomah melanjutkan perjuangannya mendidik anak-anak desa di RA Daarul Ahsan.

Bahkan dalam kenangan beliau, ibundanya pernah berkata bahwa nama Maman Lukman Hakim, walaupun diberikan nama Hakim bukan maksud ibunda beserta ayahnya agar kelak anaknya menjadi sorang hakim yang bekerja di kantor pengadilan Agama, akan tetapi harapan besar kedua orangtua beliau agar kelak  beliau menjadi orang yang bermanfaat dan bijaksana. Kedua orangtua beliau merasakan kebahagiaan yang tiada tara jika melihat beliau istiqomah mendidik anak-anak desa walaupun hidup dengan serba kesederhanaan.

Atas saran dan nasihat yang ibundanya berikan kepada beliau, maka dengan berta hati dan patuh terhadap perintah kedua orangtua , beliau pun menolak tawaran dari seorang ketua pengadilan Agama tersebut dan istiqomah melanjutkan perjuangannya sebagai pendidik dan pimpinan pondok Daarul Ahsan hingga saat ini.

Pendiri
KH. Maman Lukman Hakim

Pengasuh
KH. Maman Lukman Hakim

Unit Pendidikan

  1. Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)
  2. Madrasah Diniyah
  3. RA
  4. MTs
  5. MA

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Daarul Ahsan  memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :

  1. Tahfidz Al Qur'an
  2. Pembinaan Tahsin Al Qur'an
  3. Seni Baca Al Qur'an
  4. Kajian kitab kuning
  5. Kaligrafi
  6. Pramuka
  7. Muhadharah
  8. Olahraga: Senam, Sepakbola, Voli, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw, Silat, Atletik
  9. Komputer
  10. Marawis/Hadrah/Qasidah
  11. Ziarah
  12. Rihlah Ruhiyah
  13. Paskibra
  14. PMR
  15. Drum Band
  16. Jurnalistik


Muthola'ah kitab kuning di pesantren Daarul Ahsan


Sholawatan diiringi Hadrah di pesantren Daarul Ahsan

FASILITAS

Pesantren Daarul Ahsan memiliki fasilitas meliputi:

  1. Mushola Daarul Ihsan
  2. Gedung RA
  3. Gedung MTs
  4. Gedung SMA
  5. Laboratorium Komputer
  6. Laboratorium Kimia
  7. Laboratorium Fisika
  8. Laboratorium Biologi
  9. Lapangan
  10. Ruang Tilawah Santri
  11. Sarana Olahraga
  12. Sarana Alat Musik
  13. Asrama Ponpes putra
  14. Asrama Ponpes putri
  15. Ruang konseling/BK
  16. UKS/Poskestren
  17. Hot Spot Area
  18. Kantin
  19. Koperasi
  20. Perpustakaan
  21. MCK dan Sanitasi


Gedung pesantren di pesantren Daarul Ahsan


Laboratorium komputer di pesantren Daarul Ahsan

ALAMAT

Jl. Raya Serang KM 31 Kampung Dangdeur Rt 04/01, Desa Dangdeur, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten
Kode Pos : 15610
Email       : daarulahsan.sch@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini:  Pesantren Daarul Ahsan

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.